Desain Ruang Tamu Ala Jepang dan Suasana Alami

Jika anda ingin mendapatkan suasana yang minimalis dan alami, desain ruang tamu ala Jepang bisa menjadi salah satu alternatifnya. Prinsip Zen yang terkandung pada arsitektur khas Jepang mampu meningkatkan kualitas ruangan terutama pada interior yang terbuka, penggunaan bahan alami, serta warna-warna khas alam yang terinspirasi dari kebudayaan timur.

Berikut ini beberapa tips dari Arafuru.com :

1. Material Bangunan Alami

Interior rumah Jepang banyak menggunakan material alami, seperti bambu, kayu, batu, dan besi, sebagai bahan bangunannya. Misalnya, pada bagian lantai, penduduk Jepang biasanya menggunakan lantai kayu yang dipadu dengan kecantikan dinding bambu. Ada juga yang menjadikan furnitur minimalis sebagai komponen utama ruang tamu. Yang tak kalah penting, semua benda ini harus tampil serasi dan sealami mungkin.

ruang-tamu-jepang.jpg

2. Ruangan yang Terbuka

Kebalikan dari interior barat yang banyak memakai dinding megah sebagai pemisah ruangan, ruang tamu bergaya Jepang justru dibuat agar terbuka. Salah satu caranya yaitu dengan membatasi jumlah dinding serta mengaturnya sedemikian rupa. Hasilnya, ruang tamu terasa lebih luas dari ukuran aslinya.

3. Terhubung dengan Lingkungan

Lumrahnya, penduduk Jepang membangun ruang tamu menyatu dengan taman. Di sini, anda bisa memanfaatkan kaca sebagai partisi, baik diwujudkan sebagai dinding, pintu, maupun jendela. Sifat kaca yang tembus pandang membuat suasana di ruang tamu seolah berada di taman. Jangan lupa, tambahkan juga hiasan ruangan yang terbuat dari bebatuan dan kayu.

4. Aksesoris Khas Jepang

Menghadirkan benda-benda khas Negeri Matahari Terbit akan semakin menyempurnakan kesan khas Jepang di ruang tamu. Aksesoris yang wajib anda coba di antaranya adalah karpet jerami (tatami), tirai bambu (shoji), dan dinding kertas (fusuma). Nuansa khas yang dimiliki oleh ketiga aksesoris ini akan menambah nilai keunikan di ruang tamu anda.

5. Kurang itu Lebih

Salah satu prinsip desain interior Jepang adalah kurang itu lebih. Prinsip ini akan melahirkan ruangan yang bergaya minimalis dengan suasana yang sangat tenang. Bila anda menyukai ruangan yang terlihat alami, mudah dibersihkan, dan menenangkan pikiran, maka desain ala Jepang ini sangat cocok diterapkan di ruang tamu anda.