Ruangan
Mar8

Desain Mushola di Dalam Rumah Pilihan Arafuru

Pernahkah anda berencana untuk memiliki ruangan mushola di rumah sendiri? Pusing bagaimana merancang desainnya agar melahirkan suasana mushola yang damai? Kami berikan referensi desain dan hal-hal yang perlu diperhatikan di bawah ini. Mushola merupakan tempat ibadahnya umat muslim. Bedanya dengan masjid, mushola ukurannya lebih kecil sehingga hanya bisa menampung beberapa orang saja.

Kehadiran mushola di rumah akan memberikan nilai-nilai positif bagi keluarga, di antaranya :

  1. Membiasakan keluarga rutin sholat berjamaah
  2. Mendidik keluarga sholat tepat waktu
  3. Mendidik anak senantiasa mendirikan sholat
  4. Menumbuhkan keimanan dalam keluarga
  5. Sebagai pemberi aura positif bagi ketenangan dan kenyaman rumah
  6. Rumah lebih siap menerima tamu

desain-mushola-rumah.jpg

Mengingat besarnya manfaat dari kehadiran mushola di rumah, maka anda jangan sampai melewatkan pembangunan ruangan ini.

Berikut ini adalah aspek-aspek penting untuk merancang interior mushola :

Ruangan bersih dan teratur

Mushola identik dengan ruangan bersih. Barang-barang yang digunakan cukup lemari kecil untuk menaruh Al Quran dan perlengkapan sholat. Pilihan sajadah juga bisa dihadirkan dalam bentuk karpet agar tidak mudah berantakan.

Cat dinding putih

Putih melambangkan arti kesucian. Karena itu, warna ini tepat digunakan di mushola. Kelebihan lain dari putih adalah kemampuannya dalam menciptakan kesan luas.

Hiasan berupa lukisan kaligrafi

Apabila anda hendak menghias mushola, cukup gunakan kaligrafi. Posisi kaligrafi paling bagus adalah membelakangi kiblat sehingga tidak mengganggu orang yang sedang sholat. Bisa juga di samping, namun posisinya agak lebih ditinggikan.

Bagaimana ruangan mushola pilihan Arafuru? Kami berikan 3 contoh untuk anda ya!

Gambar mushola pertama ini terlihat begitu menenangkan. Warna putihnya terasa damai dipadukan dengan lantai kayu yang penuh relaksasi. Bagian dinding nyaris bersih, hanya ada satu kaligrafi di sisi kiri. Pintu dibuat membelakangi kiblat, sehingga ketika sholat tidak akan terganggu dengan suasana di sekitarnya.

Mushola juga bisa dihadirkan menyatu dengan kamar utama. Ide ini cocok bagi anda, pasangan yang baru menikah, sehingga keharmonisan rumah tangga bisa semakin bertambah. Anda cukup menyiapkan salah satu sudut kamar yang tepat, lantas membersihkannya dari benda-benda yang bisa mengganggu kekhusyukan sholat. Tambahkan sajadah sebagai penegas ruangan tersebut.

Pilihan lain selain warna putih adalah emas. Warna emas memberikan nuansa khas timur tengah sehingga menciptakan suasana elegan dan tenang. Warna ini cocok digunakan di mushola pada rumah berpenghuni banyak.