Ruangan
May8

Desain Kamar Tidur Sederhana yang Ideal dan Nyaman

Perlu inspirasi desain kamar tidur sederhana yang ideal dan nyaman? Kamar tidur adalah ruangan yang berguna sebagai tempat beristirahat. Mengingat fungsinya tersebut, kamar tidur harus ditata sedemikian rupa agar nuansa di dalamnya ideal dan nyaman.

Salah satu desain yang dapat menghadirkan kenyamanan berlebih pada kamar tidur adalah desain sederhana. Sesuai namanya, desain ini mengedepankan aspek kesederhanaan dalam menonjolkan kesan yang dimilikinya. Selain itu, desain ini juga mudah dibuat, ditata, dan dijaga penampilannya. Dengan kata lain, konsep kamar tidur yang sederhana cocok sekali bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk membersihkan kamar tidur terus-menerus.

desain-kamar-tidur-sederhana.jpg

Desain Kamar Tidur Sederhana

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kamar tidur berdesain sederhana, antara lain :

1. Penerapan Warna

Untuk menciptakan kamar tidur yang ideal dan nyaman, dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi dalam bermain warna. Warna-warna yang berjenis terang sangat pas diterapkan pada kamar tidur kecil sebab mampu memberikan kesan ruangan yang seolah-olah lebih luas daripada ukuran aslinya. Warna terang seperti putih, krem, dan biru muda juga akan memberikan efek visual berupa nuansa kamar tidur yang terbuka. Namun apabila anda ingin interior ruangan terlihat dinamis dan ekspresif, aplikasikan warna-warna terang yang lebih berani seperti kuning cerah, hijau muda, merah muda, dan lain-lain. Jagalah kesederhanaan dinding dengan tidak menghiasinya memakai corak berwarna-warni.

2. Pemakaian Furnitur

Untuk menjaga ruangan tetap nyaman digunakan beristirahat, hindari menambahkan furnitur-furnitur yang seharusnya tidak ada di kamar tidur. Anda cukup melengkapi kamar dengan ranjang yang nyaman dan lighting yang tepat. Apabila masih tersisa ruang kosong yang cukup, bolehlah memasukkan meja kecil di samping tempat tidur. Meja ini sangat berguna untuk meletakkan barang-barang yang penting sehingga anda mudah menjangkaunya tanpa harus bangkit dari kasur. Usahakan pemilihan warna furnitur yang dipakai sesuai dengan warna dinding ruangan sehingga harmonisasi keduanya akan menampilkan kesan yang tenang dan teduh.

3. Penambahan Karpet

Kalau perlengkapan yang wajib ada di ruang tamu adalah sofa, maka perlengkapan yang harus ditambahkan di kamar tidur adalah karpet. Seperti kita tahu, karpet memiliki karakteristik yang tebal dan hangat saat dipijaki kaki. Adanya karpet mampu menghangatkan kamar tidur sehingga suasananya semakin nyaman. Pilih karpet yang berwarna polos tanpa dihiasi corak berwarna-warni. Jangan lupa cuci karpet tersebut secara berkala agar kebersihannya terus terjaga.

4. Hiasan Aksesoris

Anda bisa menambahkan aksesoris-aksesoris tertentu supaya kamar tidur tidak terasa kaku dan monoton. Misalnya yaitu tempelkan cermin di salah satu dinding ruangan sebagai hiasan sekaligus untuk membuat kamar terlihat lebih terang dan lebih luas. Bisa juga dengan menempelkan rak dinding sebagai tempat menaruh pajangan, foto, miniatur, atau tanaman hias. Jangan lupa sentuh bagian gorden jendela dengan menerapkan bahan yang bercorak menarik dan berkelir sesuai warna sprei.

5. Menjaga Kebersihan

Kamar tidur sederhana yang ideal dan nyaman adalah kamar yang bersih. Suasana yang bersih memungkinkan penghuninya dapat merasakan betah berada di kamar dan berlama-lama di dalamnya. Oleh sebab itu, bersihkanlah kamar tidur secara rutin. Jika diperlukan, tempatkan tong sampah kering di sudut kamar.