Ruangan
May10

Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

desain-kamar-tidur-anak-perempuan.jpg

Kebanyakan anak perempuan ingin memiliki kamar tidur pribadi yang mampu membuatnya merasa nyaman. Sebuah kamar yang dihiasi oleh desain sesuai dengan seleranya. Apabila Anda ingin mewujudkan kamar impian yang pasti anak Anda akan menyukainya, salah satu idenya adalah dengan menambahkan aksesoris yang dia sukai.

Sebagai contoh, suatu hari seorang anak menyukai gambar bebek, namun di lain waktu mereka bahkan akan merasa takut melihatnya. Oleh karena itu, hindari penggunaan motif-motif seperti ini. Setiap anak kecil memiliki kesukaannya masing-masing, sehingga layak memberikan dekorasi kamar tidurnya dengan sentuhan unik untuk membuatnya merasa istimewa.

Dekorasi Tak Lekang Oleh Waktu

Dalam membangun dekorasi kamar tidur anak, penting bagi Anda untuk tidak hanya memikirkan usianya saat ini, tetapi juga memikirkan bagaimana dia ketika sudah mulai tumbuh besar. Kamar tidur yang terlalu menyesuaikan dengan usia anak akan membuat Anda harus sering menata ulang suasananya. Lebih baik pilihlah dekorasi yang bersifat umum, termasuk menambahkan jenis perangkat elektronik yang bisa digunakan sampai tahun-tahun yang akan datang. Jangan lupa apabila anak sudah cukup besar, ikutkan juga mereka dalam proses mendesain kamar tidurnya.

Tempat Penyimpanan Barang

Merancang tempat penyimpanan untuk ruangan anak adalah pekerjaan tersulit. Bahkan seringkali desain yang sesempurna apapun tidak mampu mendorongnya untuk meletakkan suatu barang sesuai pada tempatnya, sebelum diminta oleh orang tuanya. Mainan, pakaian, dan buku adalah benda-benda yang paling sering terlihat berantakan. Karena itu, pertimbangkanlah untuk menyediakan masing-masing tempat penyimpanan tersendiri sehingga anak bisa dengan mudah menata barang-barangnya. Jika Anda menambah lemari ke dalam kamar tidur, pilihlah lemari yang memiliki laci sebagai tempat menyimpan sepatu. Alternatif tempat penyimpanan lainnya adalah desain ranjang tidur yang memiliki laci-laci di bagian bawahnya. Ranjang dengan model seperti inilah yang mampu menyisakan ruang kosong lebih banyak.

Suasana di Waktu Malam

Membangun kamar anak tidak melulu sebatas mengolah desainnya menjadi tempat yang menyenangkan baginya untuk bermain, namun ingat bahwa fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat untuk tidurnya. Oleh karena itu, kenyamanan suasana kamar di malam hari juga perlu diperhatikan. Cobalah menghias langit-langit kamar dengan suasana langit malam yang penuh bintang atau menambahkan tirai dengan hiasan bintang-bintang. Gagasan lainnya adalah mengatur pencahayaan di dalam kamar tidur. Menambahkan lampu tidur di samping lampu utama akan membantu menyenyakkan waktu tidurnya.

Pengolahan Skema Warna

Kuning dan pink adalah aksen khas ruangan untuk anak perempuan. Seringkali kita menganggap bahwa kamar tidur akan terlihat manis jika dipenuhi oleh warna-warna ini. Memang kenyataannya tidak ada yang salah dengan pendapat ini, namun kami lebih merekomendasikan untu menggunakan warna-warna lembut sebagai dominan ruangan sedangkan warna terang cukup sebagai aksen saja. Selain itu, beberapa anak perempuan juga menghindari warna pink ketika memasuki usia remajanya. Warna hijau dan cokelat lebih kami rekomendasikan karena bersifat netral, termasuk biru muda juga.

Ruang Bermain

Tidak bisa dipungkiri bahwa kamar anak juga berfungsi sebagai tempat bermainnya. Nah, untuk membuat ruangan ini, Anda cukup menambahkan karpet ke dalam kamar. Sebuah karpet ringan akan mampu mendorongnya untuk bermain di tempat yang sama. Sementara itu, ketika karpet sudah kotor terkena noda atau tinta warna, karpet masih bisa dibersihkan dengan mudah.