Ruangan
May1

Cobain, 6 Tips Mendesain Ruang Keluarga yang Sempit!

Bagaimana tips mendesain ruang keluarga yang sempit? Kebanyakan hunian di perkotaan saat ini memiliki ukuran yang kecil. Hal ini berdampak pada denah interiornya yang terbagi menjadi ruangan-ruangan sempit. Perlu diketahui, ukuran tidak berpengaruh besar terhadap fungsi dan kenyamanan ruang keluarga. Dengan trik-trik dekorasi yang tepat, ruang keluarga yang sempit pun bisa mempunyai fungsi maksimal dan tetap memiliki suasana nyaman.

tips-ruang-keluarga-sempit.jpg

Ruang Keluarga

Trik-trik dari Arafuru ini bisa anda terapkan untuk mendesain ruang keluarga di rumah :

1. Kenali Karakter Seluruh Anggota Keluarga

Ruang keluarga adalah ruangan yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk bercengkrama. Jadi, ruangan ini harus mampu merefleksikan karakter dari semuanya agar terasa nyaman. Kenali bagaimana kecenderungan dan selera desain penghuni rumah tersebut. Setelah itu, sesuaikanlah furnitur dan aksesoris yang akan digunakan.

2. Cat Ruangan dengan Warna Terang

Sebagai warna dasar, anda bisa mengaplikasikan cat yang berkelir terang. Tujuannya agar tampilan ruangan tetap nyaman di mata dan tidak terlalu mencolok. Apabila ada salah satu anggota keluarga yang menyukai warna cerah, cobalah menerapkannya sebagai penghias ruangan. Anda dapat menampilkannya dalam bentuk cat dinding atau warna lukisan dan sofa.

3. Sesuaikan Warna Furnitur dengan Tema Ruangan

Setelah semua dinding ruang keluarga diwarnai, kini saatnya memasukkan furnitur-furnitur ke dalamnya. Pilih furnitur yang berwarna senada dengan dinding ruang keluarga. Anda juga bisa menambahkan perabotan berkelir ngejreng untuk menghidupkan suasana di dalam interior.

4. Tidak Perlu Menambahkan Karpet

Ada yang bilang kalau ruang keluarga akan terasa kurang sempurna tanpa tambahan karpet. Memang benar, kehadiran karpet mampu menghangatkan ruang keluarga seketika. Namun bila karpet diletakkan di ruangan yang sempit, maka perawatannya pun akan semakin sulit lantaran mudahnya karpet tersebut kotor.

5. Pilih Televisi Flat dan Gantungkan

Orang-orang biasanya memilih focal point ruang keluarga berupa televisi. Dalam pemilihannya, gunakanlah televisi berlayar datar agar tidak memakan banyak ruangan. Kemudian, pasang televisi tersebut menggantung di dinding ruangan sehingga tidak diperlukan lagi meja buffet. Dengan begini, ruangan bakal tetap terasa lapang.

6. Pilih Pencahayaan yang Tepat

Hindari memasang lampu gantung apabila ruang keluarga tidak dilengkapi jendela, sehingga cahaya matahari tidak bisa memasuki ruangan. Sebagai gantinya, pilih lampu langit-langit seperti indirect lighting atau spot lighting. Hal ini dimaksudkan agar area vertikal ruang keluarga yang sempit tetap terasa longgar karena tidak termakan hiasan apapun. Pilih lampu bercahaya keputih-putihan jika ingin ruangan terlihat cerah dan pilih lampu bersinar kekuning-kuningan supaya desain ruang keluarga bernuansa hangat.