Ruangan
Jun7

Cara Menyiasati Dapur yang Sempit

Bagaimana cara menyiasati dapur yang sempit? Di rumah, dapur merupakan ruangan yang berguna sebagai tempat memasak. Tak jarang dapur pun memiliki fungsi ganda, sebagai ruang makan sekaligus tempat bercengkrama misalnya. Oleh karena itu, penataan dapur harus diatur sedemikian rupa agar memungkinkan suasana desain di dalamnya terasa menyenangkan.

cara-menyiasati-dapur-yang-sempit.jpg

Contoh Dapur yang Sempit

Apakah ukuran dapur di rumah anda termasuk sempit? Jika benar, anda harus menyiasatinya dengan langkah-langkah yang tepat supaya dapur tersebut terlihat indah dan terasa nyaman. Bagaimana caranya?

1. Manfaatkan Bidang Vertikal Secara Maksimal

Pada dapur sempit, ukuran bidang vertikal lebih luas dibandingkan dengan bidang horisontal. Untuk itu, anda dapat memaksimalkan penggunaan bidang vertikal sehingga kesan lapang di dapur tetap terjaga. Sebagai contoh, cobalah menggantungkan lemari penyimpanan atau kabinet di dinding. Sedangkan pada sisi dinding yang lain, anda bisa memasang rak gantung untuk menaruh cangkir dan gelas.

2. Pasang Lampu Gantung atau Chandelier

Dapur yang sempit lebih cocok diterangi chandelier atau lampu gantung daripada lampu-lampu plafon dan dinding. Sebab model lampu ini mampu menghadirkan kesan interior yang lebih luas ketimbang aslinya. Lampu chandelier juga terlihat mewah, mengesankan, dan mencerminkan kepribadian anda sekeluarga.

3. Buat Pewarnaan Dapur Tampak Seimbang

Jangan lupa pastikan pola pewarnaan di dalam dapur yang kecil tampak seimbang. Artinya, anda perlu bermain dengan warna-warni yang harmonis sehingga ruangan berkesan dinamis. Contohnya apabila dinding dapur diwarnai cat berkelir putih, maka anda bisa memasukkan perabotan dapur yang berwarna merah, kuning, hijau, dan biru sebagai aksen penyeimbangnya. Dengan demikian, dapur pun terlihat ceria dan tidak terasa monoton.

4. Percantik Tampilan Panel Dinding

Di dapur, panel dinding biasanya digunakan untuk melindungi dinding di belakang kompor untuk menghindari api dan minyak. Beberapa dapur juga menerapkan panel ini di belakang wastafel pencuci piring sebagai blacksplash guna menghindarkan dari kemungkinakan cipratan air dan kelembaban tinggi. Agar penampilannya lebih menarik, anda juga bisa mengkreasikan panel dinding dengan memakai ubin-ubin yang cantik. Tujuannya tentu agar bagian dinding tersebut terlihat semakin indah dan tidak gampang membosankan.

5. Sesuaikan Ukuran Counter Table

Counter table atau meja dapur berfungsi sebagai tempat meracik bahan-bahan makanan, termasuk memotong dan mengiris sayuran. Mengingat fungsinya yang penting tersebut, tidak mungkin anda menghilangkan meja ini dari dapur. Cara menyiasatinya yaitu pilih counter table yang berukuran sesuai kebutuhan dan hindari meletakkan benda-benda tidak penting di atasnya.

6. Pergunakan Bidang di Pintu Kulkas

Kulkas mempunyai bidang yang cukup luas di pintunya. Salah satu cara yang efektif untuk memanfaatkan bidang tersebut adalah dengan menggunakannya sebagai papan tulis dan memo. Anda bisa memakai tempelan magnet untuk merekatkan catatan, daftar belanjaan, dan gambar dekoratif di pintu kulkas tersebut.

7. Optimalkan Keberadaan Rak Dinding

Jika anda mau, kegunaan rak dinding pun bisa dioptimalkan melalui cara-cara yang kreatif. Salah satunya adalah memasang kaitan di bawah rak sebagai tempat menggantung panci, wajan, dan penggorengan. Alternatif lain, anda juga memanfaatkan area di bawah rak tersebut untuk menambah rak-rak yang berukuran lebih kecil.

8. Letakkan Cermin Berukuran Besar

Kemampuannya untuk memantulkan bayangan suatu benda membuat cermin secara visual sangat efektif untuk memperluas kesan dapur yang sempit. Adapun caranya, anda bisa menempelkan cermin berukuran besar menutupi salah satu dinding dapur. Namun jika anda kurang menyukai ini, cobalah meletakkan cermin yang lebih kecil di dekat focal point dapur seperti kompor dan kulkas.