Ruangan
May10

Cara Menghias Ruang Keluarga Kecil dan Panjang

Apakah hari ini anda berniat menghias ruang keluarga agar suasananya lebih nyaman? Anda punya ruang keluarga yang sempit tapi bingung cara menghiasnya? Tenang, kami akan berikan solusinya khusus untuk anda!

menghias-ruang-keluarga.jpg

Kebiasaan meletakkan semua furnitur menempel ke dinding justru membuat penataan ruang keluarga anda seolah berat sebelah. Alangkah baiknya jika anda menghias ruangan ini secara seimbang agar tercipta suasana yang nyaman bagi semua anggota keluarga.

Fungsi

Poin utama yang perlu dipikirkan adalah fungsi ruang keluarga itu sendiri. Apakah anda ingin menggunakan ruangan ini sebagai ruang TV atau lebih dari sekadar itu? Apalagi jika mempunyai anak kecil, tentu anda ingin membuatkan sebuah ruang bermain untuknya kan?

Nah, jika anda ingin menjadikan ruang keluarga ini sebagai ruangan yang multifungsi, cobalah membagi setiap sudut ruangan dengan fungsi tertentu. Sebagai contoh, anda bisa membagi ruang ini menjadi tiga fungsi. Bagian pertama sebagai ruang bermain, bagian kedua untuk ruang menonton TV, dan bagian ketiga berfungsi sebagai ruangan untuk membicarakan hal-hal serius. Dengan cara ini anda bisa mengawasi anak-anak yang sedang bermain tanpa takut mereka akan mengacaukan seisi ruangan.

Furnitur

Ruang keluarga adalah ruangan yang paling nyaman bagi keluarga anda. Karena itu, pemilihan furniturnya pun sesuka anda asalkan mampu membuat anda sekeluarga merasa betah berada di sini.

Pastikan anda telah menyesuaikan ukuran furnitur yang dipilih dengan ukuran ruangan yang anda miliki. Jangan lupa menambahkan meja sudut sebagai tempat meletakkan minuman, cemilan, atau benda-benda yang sedang digunakan. Gunakan lemari yang tinggi untuk menyimpan semua koleksi keluarga anda termasuk mainan si kecil.

Pada bagian ruang nonton TV, anda dapat meletakkan sebuah sofa besar untuk menciptakan suasana yang akrab. Hindari memakai furnitur sebagai partisi karena akan menimbulkan kesan sempit. Pastikan semua furnitur yang dipakai aman bagi keluarga anda.

Pewarnaan

Ciptakan suasana desain ruang keluarga yang menyatu dengan harmonis melalui penggunaan skema warna tepat. Untuk permainan warna, biasanya kami memakai motif dan corak hias yang berbeda-beda namun tetap dengan warna sama.

Pastikan seluruh ruangan terkena sinar matahari langsung. Pasang lampu di daerah yang menjadi tempat berkumpul keluarga anda.

Untuk memperindah ruangan, tambahkan bantal-bantal hias di atas sofa. Bila perlu, pasang juga rak kecil sebagai tempat untuk meletakkan aneka cemilan ringan.

Selamat mencoba tips menghias ruang keluarga ini!