Ruangan
Jul4

Cara Menempelkan Stiker Dinding yang Benar

Bagaimana cara menempelkan stiker dinding? Jika ingin memiliki sebuah kamar tidur yang indah, maka Anda bisa menggunakan stiker dinding. Dinamakan stiker karena proses pemasangan aksesori ruangan ini dilakukan dengan menempelkannya pada permukaan dinding. Ada stiker yang sudah dilapisi perekat dan ada yang belum. Sehingga kita perlu melapisi lem khusus terlebih dahulu di bagian belakang stiker tersebut agar bisa ditempelkan ke dinding.

Wall sticker tergolong aksen ruangan yang baru. Berbeda dengan wallpaper yang menutupi seluruh dinding, wall sticker hanya perlu ditempelkan pada salah satu sudut dinding. Stiker dinding memiliki bentuk berupa objek-objek tertentu. Misalnya seperti bunga, pohon, binatang, gedung, huruf, dan lain-lain. Jadi wall sticker ini bisa menyatu dengan baik bersama dinding ruangan sebagai background/latarnya.

cara-menempelkan-stiker-dinding.jpg

Pekerjaan menempelkan stiker dinding sebenarnya mudah sekali untuk dilakukan. Sama seperti memasang stiker lainnya, Anda hanya perlu melepas lapisan pelindung lem terlebih dahulu kemudian memasang stiker tersebut pada permukaan dinding yang diinginkan. Namun karena Anda berurusan dengan dekorasi ruangan, maka pengerjaannya harus dilaksanakan dengan perencanaan yang matang. Tujuannya supaya fungsi wall sticker untuk memperindah ruangan bisa terwujud.

Langkah Kesatu

Pastikan kondisi permukaan dinding yang akan dipasangi stiker memang layak sehingga stiker tersebut dapat menempel kuat. Wall stiker hanya bisa dipasang di dinding yang sudah dilapisi plester dan dihaluskan memakai acian. Dinding yang bertekstur atau bergelombang tidak bisa dipasangi wall sticker. Demikian pula dengan dinding yang baru dicat sebaiknya jangan langsung dipasangi stiker. Anda perlu menunggu selama 3-4 minggu agar lapisan cat tadi benar-benar kering.

Langkah Kedua

Bersihkan seluruh permukaan dinding ruangan yang akan dipasangi wall sticker. Gunakan spons yang basah untuk menggosok permukaan dinding tersebut. Berikan perhatian yang lebih pada sudut ruangan dan sambungan-sambungan karena biasanya dipenuhi oleh debu. Kalau ada bagian dinding yang berlubang, segera ratakan kembali menggunakan plamur tembok. Setelah semua bagian dinding selesai dicuci sampai bersih, Anda perlu menunggu selama 10-12 jam sehingga permukaan dinding menjadi kering kembali.

Langkah Ketiga

Buatlah perencanaan secara matang tentang tata letak pemasangan wall sticker. Anda tidak perlu mengikuti aturan penataan objek yang sudah ada. Berpikirlah kreatif untuk menciptakan tampilan yang lebih unik dan menarik. Contohnya stiker berupa pepohonan bisa Anda pasang di sudut ruangan, di mana dahan pohon ini dipasang sampai menjulur ke dinding di sebelahnya. Stiker berbentuk burung dan ikan bisa Anda pasang menyebar secara acak di seluruh dinding ruangan. Sedangkan pemasangan stiker yang bentuknya hewan usahakan kakinya menapak di lantai atau furniture. Lain lagi dengan stiker berupa tipografi yang bisa Anda susun semaunya.

Langkah Keempat

Kini waktunya untuk menempelkan stiker dinding sesuai dengan layout yang telah direncanakan sebelumnya. Ingat Anda harus mengikuti rencana yang sudah disusun secara matang tadi. Kalau Anda keluar dari rencana, hasilnya pasti tidak akan bagus. Kecuali bila ternyata stiker memang tidak bisa dipasang di posisi tersebut karena alasan tertentu maka Anda harus mengambil pilihan lain. Anda bisa memilih posisi pemasangan yang lain, mengubah arah penempelannya, atau menggunting stiker tersebut agar ukurannya sesuai.

Langkah Kelima

Untuk memasang wall sticker caranya gampang banget kok. Anda tinggal melepas lapisan pelindung lem yang ada di bagian belakang. Selanjutnya pasang stiker tersebut dari ujung yang satu ke ujung lainnya lalu ratakan biar tidak menggelembung. Kesalahan dalam memasang wall sticker dapat mengakibatkan udara terjebak di dalam stiker sehingga membuat permukaannya menggelembung. Hal ini tentu menyebabkan hasilnya tidak bagus. Selagi masih baru dipasang, segeralah Anda melepas stiker yang menggelembung tadi kemudian menempelkannya kembali dengan benar.