Ruangan
Apr25

Cara Memilih Warna Cat Ruang Tamu

warna-cat-ruang-tamu.jpg

Memilih warna cat ruang tamu memang pekerjaan yang paling menantang dibanding dengan interior lainnya. Hal ini dikarenakan, pemilihan warna yang tepat di ruangan ini sanggup memikat siapa saja, bahkan mampu mengangkat nilai rumah anda dengan signifikan. Tidak hanya itu, saat anda bosan dengan suasana di rumah, maka dengan mengolah ruang tamu saja bisa memberikan kesan yang berbeda di seluruh ruangan.

Nah, berikut ini kami berikan rahasia memilih warna cat untuk menciptakan ruang tamu yang sesuai dengan kemauan kita :

1. Membuat Rancang Desain

Pertama-tama, mulailah dengan membuat rancangan desain ruang tamu terlebih dahulu. Kami sangat menyarankan untuk membuat rancangan “tampak” ini melalui software komputer atau aplikasi android. Sebab, nantinya hal ini akan mempermudah anda untuk menemukan warna yang tepat. Namun jika anda merasa kesulitan, bisa juga membuat rancangan ini secara manual. Cuma cara ini akan lebih banyak menyita waktu, tenaga, dan biaya.

2. Menentukan Tema yang Ingin Dibangun

Setelah rancangan tersebut selesai dibuat, selanjutnya adalah menentukan tema yang ingin anda ciptakan di ruang tamu. Mau seperti apa ruang tamu anda nantinya? Apakah bernuansa mewah, elegan, atau minimalis? Semuanya terserah anda.

3. Mencari Warna yang Tepat

Yakinkan sekali lagi tema pilihan anda adalah yang terbaik. Bayangkan semuanya terlihat nyata dan sesuai rencana. Kemudian carilah warna-warna yang bisa membangun tema tersebut.

Sebagai contoh, saat anda ingin menciptakan ruang tamu yang beraroma mewah dan elegan, gunakanlah warna ungu dan cokelat. Begitupun jika anda ingin membuat suasana pantai, pakai saja warna biru. Jadi dalam hal ini, pemahaman anda tentang sifat-sifat warna sangat diperlukan.

4. Sesuaikan dengan Ukuran

Merancang suatu ruangan memerlukan pemikiran yang realistis. Jika ruang tamu yang anda miliki berukuran kecil dan anda memaksakan untuk menggunakan warna-warna berani. Hasilnya justru akan membuatnya semakin kecil. Berbeda dengan ruang tamu yang besar, pemilihan warnanya bisa lebih fleksibel. Anda bisa bebas memakai warna apapun dalam jumlah berapapun.

Tren yang ada saat ini, menjadikan warna magenta atau krem sebagai warna favorit untuk ruang tamu sempit. Bila anda juga tertarik menggunakannya, cobalah tambahkan hiasan dinding seperti lukisan untuk menambah dimensi ruangan.

5. Cari Contoh Desain

Setelah anda yakin dengan pilihan warna dan tema yang akan dibuat, langkah berikutnya adalah mencari berbagai contoh ruang tamu di galeri kami. Di sini, anda akan menemukan berbagai ide bagaimana menggunakan warna secara tepat dan cerdas. Tidak hanya itu, aspek-aspek pendukung desain ruang tamu seperti penataan furnitur, penggunaan cahaya, dan ide-ide lainnya juga sudah banyak kami bahas di sini.

6. Membeli Cat dengan Benar

Terakhir, saat anda hendak membeli suatu cat dengan warna tertentu. Bawalah juga contoh dari warna tersebut, bisa berupa print warna ataupun menghafalkan kode warnanya { contoh : putih (ffffff), hitam (000000), dsb }. Hal ini dilakukan mengingat saat ini ada banyak sekali jenis warna cat yang bisa menyulitkan anda nanti. Hal penting lainnya adalah jangan pernah tergoda dengan warna lain. Karena jika ini dilanggar, berarti anda harus memulainya dari awal lagi.