Ruangan
Oct28

Biar Nyaman, Ini Tips Merancang Desain Dapur Sederhana

Desain dapur sederhana sangat direkomendasikan untuk anda yang menyukai ruangan praktis dan tidak neko-neko. Meski diolah dengan teknik yang simple, kenyamanan dan keindahan dapur tetap bisa dirasakan. Berikut tips-tips selengkapnya :

1. Satukan dengan Desain Rumah

dapur-sederhana.jpg

Rancanglah ruang dapur anda sesuai dengan desain rumah yang telah diusung. Hal ini bertujuan agar suasana dapur yang tercipta tetap dapat menyatu dengan ruangan lainnya, bukan malah berdiri sendiri. Untuk tampilan yang sederhana, anda dapat mencoba dapur bergaya minimalis. Gaya ini sangat cocok bagi anda yang suka kepraktisan dan keindahan di saat yang bersamaan.

2. Utamakan Furniture Simple dan Secukupnya

desain-dapur-sederhana.jpg

Dalam proses perancangan dapur sederhana ini, anda tetap memerlukan furniture yang bersifat simple pula. Bahkan, furniture ini akan mempengaruhi lebih dari separuh persen dekorasi ruangan. Sebaliknya, hindarilah penambahan furniture yang banyak, apalagi dengan bentuk rumit. Satu paket kitchen set berbahan kayu solid sudah cukup untuk menampung semua perabotan masak yang anda miliki. Sementara, kitchen set yang dibuat secara built-in akan menghasilkan ruangan yang rapi karena pas dengan ukuran dapur.

3. Tambahkan Rak Bila Diperlukan

dekorasi-dapur-sederhana.jpg

Selain menghadirkan kabinet yang simple, dapur berkonsep sederhana juga bisa diwujudkan dengan memasukkan rak. Menariknya, rak piring berbahan stainless steel justru sangat serasi dengan konsep dapur yang sederhana. Rak ini akan menghasilkan nuansa ruang yang praktis, ringkas, dan jauh dari kesan berantakan.

4. Warna-warna Netral

gambar-dapur-sederhana.jpg

Warna yang mampu melahirkan kesederhanaan di dapur adalah warna-warni berjenis netral. Hitam, putih, abu-abu, dan cokelat akan menghasilkan tampilan dapur cantik yang ramah. Agar lebih dinamis, anda tetap bisa memadukannya dengan warna cerah namun sebatas aksen saja. Penggunaan keramik di dinding dapur bahkan mampu menghasilkan kesan ruangan yang tampak luas.

5. Maksimalkan Bukaan di Dapur

pencahayaan-dapur-sederhana.jpg

Jangan lupa untuk memastikan dapur di rumah anda memiliki akses ventilasi yang baik. Hal ini dikarenakan dapur dengan konsep ini tidak terlalu banyak memainkan pencahayaan lampu sehingga butuh cahaya alami. Adanya jendela tidak hanya membuat dapur terang, tetapi juga memungkinkan sinar matahari masuk ke ruangan sehingga dapur tidak lembab dan mencegah bakteri berkembang biak.