Ruangan
Apr29

Begini Tips Mengatur Furnitur di Ruang Tamu!

tips-mengatur-furnitur-ruang-tamu.jpg

Mengatur furnitur di ruang tamu merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan ruangan yang indah dan nyaman. Semakin sukses anda mengatur ruangan ini, semakin bertambah pula nilai keseluruhan dari rumah anda.

1. Mulai dengan Ruangan Kosong

Sebisa mungkin, kosongkan lah ruang tamu anda terlebih dahulu. Bagaimanapun, pengaturan furnitur di ruangan yang kosong akan lebih mudah dan terkadang melahirkan ide desain secara spontan. Sementara waktu, kumpulkan semua aksesoris sedemikian rupa agar saat dibutuhkan nanti anda tidak kesulitan menemukannya. Untuk lemari yang berat, cukup digeser ke ruangan sebelahnya saja.

2. Mengatur Letak Titik Fokus

Selanjutnya adalah menentukan furnitur mana yang akan dijadikan sebagai titik fokus di ruang tamu. Apakah TV, jendela, akuarium, atau yang lainnya? Perlu anda ketahui, titik fokus ini ibarat mata air. Jadi semua pengaturan berikutnya bergantung pada titik ini.

Pemilih titik fokus juga hendaknya disesuaikan dengan desain apa dan suasana bagaimana yang ingin anda ciptakan di ruang tamu. Beberapa orang memanfaatkan ruang tamu hanya sebagai ruangan untuk menerima orang yang berkunjung ke rumah. Sedangkan lainnya, ada yang menjadikan ruang sebagai ruang keluarga juga.

3. Bagaimana Mengatur Posisi Tempat Duduk?

Poin ketiga ini bisa dibilang sebagai langkah yang paling sulit. Rahasianya adalah atur posisi tempat duduk ini menghadap ke arah fokus. Salah satunya adalah dengan mengatur posisi sofa dan kursi agak miring sehingga percakapan di sana bisa lebih hidup.

Pengaturan susunan kursi juga sebaiknya bentuk ruang tamu. Untuk ruangan yang sempit, gunakan susunan membentuk L. Sedangkan pada ruangan yang lebih luas, pengaturannya bisa lebih fleksibel sesuai selera anda.

4. Penempatan Letak Meja

Pada umumnya mengatur posisi/letak meja ini perlu sedikit trik. Lain bentuk dan bahan meja, lain pula cara mengaturnya. Intinya adalah saat kita duduk di manapun, kita bisa menjangkau barang-barang di atas meja tanpa harus berdiri. Selain itu, keberadaan meja juga tidak membuat suasana duduk terasa sesak.

5. Jangan Lupakan Ruang Kosong

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah memastikan adanya sisa ruang kosong yang bisa dibuat untuk lalu-lalang di ruang tamu. Setidaknya kita membutuhkan lebar ruangan kosong ini antara 0,8-1 meter. Ukuran lebar yang terlalu sebaiknya dihindari karena membuat desain ruangan menjadi tidak seimbang.

Dalam pemilihan furnitur juga membutuhkan trik yang tepat :

  • Ukuran furnitur yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruang tamu.
  • Pemakaian furnitur unik lebih kami sarankan karena bisa berfungsi sekaligus sebagai hiasan.
  • Silahkan kunjungi galeri kami untuk mendapatkan ide-ide desain seputar ruang tamu dan penataannya.
  • Jangan sungkan untuk meminta bantuan tenaga dari orang lain.