Ruangan
Jan8

Bahaya Kamar Mandi di Bawah Tangga Menurut Feng Shui

Ada banyak solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi keterbatasan ruangan di dalam rumah. Salah satunya adalah memanfaatkan bidang yang tidak terpakai semaksimal mungkin. Dari sinilah, ide awal membuat kamar mandi di bawah tangga muncul. Walaupun kelihatannya bagus, namun ternyata posisi kamar mandi yang demikian dinilai kurang baik lho menurut feng shui.

kamar-mandi-bawah-tangga.jpg

Kamar mandi adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri. Ruangan ini juga berguna untuk tempat membuang kotoran, baik buang air kecil maupun buang air besar. Oleh sebab itu, kamar mandi kadangkala berbau tidak sedap karena banyaknya kuman dan bakteri yang bersarang di tempat ini.

Berdasarkan ilmu feng shui, tidak direkomendasikan menempatkan kamar mandi tepat berada di bawah tangga. Hal ini mengingat peran tangga dalam feng shui yaitu sebagai penghubung antara lantai bawah dengan lantai di bagian atasnya. Jika kamar mandi yang notabene memiliki energi buruk diletakkan persis di bawah tangga, maka bahayanya energi buruk tersebut bisa mengalir ke lantai atas. Pelajari apa itu feng shui agar Anda bisa menelaah maksud di atas.

Kita semua pasti sepakat kalau kamar mandi mempunyai aroma yang kurang sedap. Adanya ruangan ini di bawah tangga tentu bakal mengakibatkan ruangan di sekitarnya pun ikut berbau busuk dan kurang nyaman dihuni. Apalagi jika bau ini terbawa angin lalu mengalir ke atas melalui ventilasi, otomatis seisi ruangan yang ada di lantai atas pun akan menjadi berbau tidak enak pula.

Jadi sebisa mungkin hindarilah membangun kamar mandi yang terletak di bawah tangga. Carilah ruangan lain terlebih dahulu yang memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Kalaupun terpaksa, Anda bisa mengatasi energi buruk yang muncul dari kamar mandi dengan kiat-kiat di bawah ini :

1. Buat Jendela di Kamar Mandi

Membuat jendela di kamar mandi yang posisinya di bawah tangga merupakan solusi yang terbaik. Namun ingat jendela yang dibuat tersebut harus berhubungan langsung dengan lingkungan eksterior alias bagian luar rumah. Apabila jendela hanya menghubungkan kamar mandi dengan ruangan di sebelahnya, maka hal tersebut sama sekali tidak berguna.

2. Memasang Exhausted Fan

Terkadang kita tidak mungkin membuat jendela di samping rumah karena posisi tembok berhimpitan dengan dinding bangunan tetangga sebelah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah memasang Exhausted Fan. Alat ini akan membuang udara yang terdapat di dalam kamar mandi tersedot menuju ke luar rumah melalui sistem mekanis. Sehingga seluruh interior rumah Anda pun bakalan terhindar dari energi negatif.

3. Rutin Membersihkan Kamar Mandi

Sumber energi buruk terletak pada kotoran-kotoran yang berada di dalam kamar mandi. Anda bisa menghilangkannya dengan membersihkan ruangan ini secara rutin setiap hari. Pastikan semua area di dalam kamar mandi bersih sempurna tanpa ada kotoran secuilpun. Berikan perhatian yang lebih di sudut-sudut ruangan karena seringkali terdapat kotoran yang menumpuk.

4. Tutuplah Pintu Kamar Mandi

Agar energi negatif yang ada di kamar mandi tidak bisa keluar ruangan, biasakan untuk menutup pintunya. Jangan pernah membiarkan pintu kamar mandi terbuka terlalu lama karena akan membuat bau busuk di dalamnya keluar. Sebisa mungkin jagalah kondisi kamar mandi senantiasa kering supaya bakteri dan kuman sulit berkembang biak. Jangan lupa taruh juga pengharum ruangan sehingga kamar mandi di rumah Anda senantiasa beraroma wangi.