Ruangan
Mar11

Bagaimana Cara Menata Ruang Tamu Berukuran Mungil?

Bagaimana cara menata ruang tamu berukuran mungil? Sebagai tempat menjamu orang-orang yang berkunjung ke rumah, ruang tamu perlu ditata dengan baik agar suasananya terasa nyaman. Kesan yang nyaman ini umumnya identik dengan suasana yang lapang, mengalir bebas, dan tidak sumpek.

cara-menata-ruang-tamu-kecil.jpg

Ruang Tamu Ukuran Kecil

Permasalahannya, bagaimana jika ruang tamu yang dimiliki berukuran kecil, kurang dari 9 m2. Tentu diperlukan trik khusus agar ruangan tersebut tetap terasa nyaman. Berikut ini langkah-langkah dari arafuru.com selengkapnya :

  1. Mula-mula, pilih salah satu benda yang ingin dijadikan sebagai focal point ruangan. Contohnya televisi, akuarium, atau lukisan dinding. Kemudian, lanjutkanlah dengan merancang tata letak furnitur dan aksesoris yang akan ditaruh di ruang tamu tersebut.
  2. Tak usah pusing memikirkan barang-barang apa saja yang akan diletakkan di ruang tamu. Cobalah mengusung desain ruang tamu minimalis, yang biasanya terdiri dari sebuah sofa panjang, dua kursi ottoman, dan sebuah meja kopi yang ramping. Keempat barang ini sudah cukup untuk membantu mengoptimalkan fungsi ruang tamu di rumah anda.
  3. Keuntungan memilih kursi model ottoman, anda bisa mengkreasikannya, baik sebagai tempat duduk maupun meja tambahan. Meja ini akan sangat berguna terutama saat anda memperbincangkan barang-barang beraneka rupa.
  4. Prinsip utama penataan di rumah yang berukuran mungil adalah lakukan penghematan tempat sebaik mungkin. Demi memaksimalkannya, anda bisa mengambil dua fungsi dalam satu ruang tamu tersebut. Misalnya, manfaatkan ruang tamu sebagai tempat menyambut tamu sekaligus tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga.
  5. Agar kedua fungsi di ruang tamu tampak tegas, cara terbaik untuk menghubungkannya adalah melalui pengolahan dekorasi, warna, dan gaya. Penggunaan karpet akan sangat membantu anda dalam memberikan batasan ruangan yang telah digabung menjadi satu ini.
  6. Selain karpet, sofa yang berukuran besar juga bisa dijadikan pemisah antar-ruang dengan dua fungsi. Sebagai contoh, ketika anda menggunakan televisi untuk focal point ruangan, maka posisikan sofa tersebut menghadap ke arah televisi. Selanjutnya, taruh sebuah meja di area belakang sofa tadi. Sebaliknya, bila anda tetap ingin menggabungkan suasana ruangan, pilihlah model sofa tanpa sandaran punggung.
  7. Untuk luas ruang tamu yang sempit, disarankan memilih perabotan dengan ukuran yang kecil. Hal ini juga akan membantu menghemat area ruangan yang tersedia. Contohnya, gantilah sofa yang terlalu panjang dengan sofa model love seat.
  8. Furnitur berbahan kaca juga dapat membantu menciptakan ruang tamu yang terasa lebih luas. Ini dikarenakan bahkan kaca mampu memantulkan cahaya sehingga ruangan tampak terang. Pun bahan kaca juga terlihat transparan, sehingga tidak menimbulkan kesan menyesaki ruang tamu.