Ruangan
Dec3

Agar Ruangan Sempit Terasa Luas, Ini Rahasianya!

Ada banyak cara agar ruangan sempit terasa lebih luas. Salah satu yang paling banyak diterapkan adalah dengan memaksimalkan lampu bercahaya putih yang menerangi ruangan tersebut. Sinar putih pada lampu yang alami akan memantul di dinding dan membuang kesan ruangan yang sumpek.

agar-ruangan-sempit-terasa-luas.jpg

Selain lewat pencahayaan, masih banyak lagi cara yang dapat digunakan. Apa saja?

  1. Batasilah pemasangan hiasan dinding dan aksesoris lainnya pada ruangan tersebut. Pastikan semua benda yang berada di dalam ruangan memang memiliki kegunaan. Semakin banyak anda menambahkan barang-barang, ruangan akan terasa semakin sempit karena termakan oleh barang-barang tadi.
  2. Sebaiknya, warna cat dinding mirip seperti warna furnitur. Hal ini dimaksudkan agar seluruh ruangan seolah merupakan sebuah bidang tanpa penghalang. Sebaliknya, pemilihan warna dinding dan furnitur yang kontras memang jauh lebih menarik. Namun di sisi lain, komposisi ini akan menimbulkan kesan ruangan yang terpisah-pisah.
  3. Menggunakan furnitur yang ergonomis dan kompak juga terbukti efektif menciptakan kesan ruangan yang luas. Dengan memastikan anda tetap nyaman, ruangan pun menjadi terasa lebih lega. Sebagai contoh, pilihlah meja dengan kaki-kaki yang cukup tinggi sehingga anda bisa merenggangkan kaki di bawahnya.
  4. Sifat kaca yang transparan, membuat wujud dan keberadaan furnitur menjadi agak kabur. Alhasil, keberadaan benda berbahan kaca ini pun seolah tidak tampak. Oleh karena itu, manfaatkanlah sifat dari furnitur berbahan kaca ini untuk menghadirkan ruangan yang lebih luas dari ukuran sebenarnya.
  5. Percayakah anda, memasang lukisan berukuran besar juga bisa mengesankan suatu ruangan lebih luas? Kesan ini muncul tidak terlepas dari kebiasaan memasang lukisan besar di ruangan-ruangan yang megah dan luas. Sebagai ganti lukisan, anda juga dapat memasang foto keluarga.
  6. Berbeda dengan kaca yang meneruskan cahaya, cermin justru akan membalikkan cahaya yang mengenainya. Meskipun begitu, cermin pun mampu memperluas suasana suatu ruangan. Cukup dengan menggantungkan sebuah cermin berukuran sedang, luas ruangan pun menjadi dua kali lipat.
  7. Terakhir, cobalah menggantungkan tirai jendela cukup tinggi di dekat plafon. Trik ini akan memaksa orang yang masuk ke ruangan tersebut untuk mendongak ke atas. Hasilnya, langit-langit rumah yang lapang pun terlihat dan ruangan menjadi lebih tinggi dan lebih luas.