Ruangan
Nov4

9 Syarat Merancang Kamar Tidur yang Nyaman

Untuk merancang kamar tidur yang nyaman, anda perlu menambahkan unsur-unsur dekorasi yang tepat. Selanjutnya, unsur-unsur tersebut ditata sedemikian rupa agar menyatu secara harmonis di dalam ruangan. Namun tak sembarang unsur bisa diletakkan di sini. Berikut ini syarat-syarat yang harus anda perhatikan :

1. Tema

kamar-tidur.jpg

Kamar tidur tanpa tema ibarat makanan tanpa garam, rasanya hambar. Tema untuk kamar tidur orang dewasa tentu berbeda dengan anak-anak. Di sini, anda bisa mengusung tema elegan, sederhana, modern, dan glamor. Mainkan wallpaper polos atau motif garis-garis guna menciptakan dekorasi kamar yang lebih lapang.

2. Sofa

Di kamar tidur, aktifitas anda tidak hanya tidur saja kan? Anda bisa membaca buku, meminum kopi, mengerjakan tugas, atau sekadar mengobrol. Karena itu, anda perlu menambahkan sofa yang nyaman ke dalam kamar. Adanya sofa juga membuat suasana di kamar menjadi berbeda.

3. Koleksi Barang

Tidak ada ruangan yang anda kuasai penuh selain kamar tidur. Anda bisa menciptakan desain kamar impian dengan menyimpan koleksi barang-barang berharga di ruangan ini. Namun ingat, jangan sesaki kamar tidur anda dengan berbagai barang sampai penuh. Kuncinya, pajang benda-benda yang bisa membuat hari-hari anda tersenyum selalu.

4. Kasur

Kasur tentu menjadi barang yang pertamakali harus diperhatikan. Jangan salah memilih kasur, sebab kenyamanannya sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Pemilihan kasur biasanya didasarkan pada bahan, ukuran, dan daya tahannya. Untuk panduan memilih kasur versi lengkapnya, anda bisa membaca artikel di sini.

5. Foto

Jangan biarkan koleksi foto anda sekeluarga tersimpan saja di buku album. Daripada memajang lukisan di kamar, mending anda menghiasi dinding ruangan dengan berbagai foto keluarga ini. Pilih foto-foto yang terlihat bahagia dan masukkan ke dalam bingkai yang elegan. Faktanya, foto seperti ini dapat membangkitkan perasaan anda menjadi lebih baik.

6. Meja

Kehadiran meja berukuran mini juga akan membuat kamar makin sempurna. Anda bisa menaruh vas bunga, tanaman segar, lampu meja, ataupun sebotol air. Menariknya, benda-benda yang ada di atas meja ini akan mencerminkan kebiasaan anda sehari-hari.

7. Hindari Perangkat Elektronik

Saat ini, rasanya mustahil ya jika sejam saja tanpa perangkat elektronik. Ternyata, adanya perangkat ini di kamar tidur berpengaruh buruk pada kualitas tidur anda. Perangkat-perangkat elektronik seperti handphone, televisi, dan laptop membuat anda terus-menerus terjaga dan tidak bisa mendapatkan ketenangan. Jika anda mau membebaskan kamar dari seluruh perangkat ini, maka suasana di kamar akan menjadi lebih bahagia.

8. Bantal

Secara visual, bantal mampu meningkatkan daya tarik kasur. Adanya bantal yang menumpuk di depan headboard terlihat sangat empuk, begitupun saat kepala berbaring di atasnya. Idealnya, jumlah bantal yang tepat tidak boleh lebih dari enam buah karena akan mempersempit ruang di kasur.

9. Karpet

Karpet identik dengan alas kaki yang terasa sangat lembut di kaki. Adanya karpet akan memanjakan kaki-kaki anda setiap hari dan menghindarkan dari permukaan lantai yang dingin. Yang tak kalah pentingnya, pastikan anda merawat karpet ini secara rutin agar seratnya tetap bersih dan lembut.