Ruangan
Oct17

8 Kesalahan yang Anda Lakukan saat Menata Kamar Tidur

Apa saja kesalahan-kesalahan yang kerapkali dilakukan ketika menata kamar tidur? Kamar tidur seharusnya bisa menjadi ruangan yang paling nyaman. Namun jika anda melakukan kekeliruan berikut ini, kamar anda justru akan terasa sangat membosankan.

kesalahan-menata-kamar-tidur.jpg

1. Menggunakan Satu Set Furniture

Melihat gambar di brosur penawaran furniture pasti tampak sangat menarik ya. Namun apakah anda yakin satu set furniture tersebut tetap terlihat sama menariknya ketika diterapkan di kamar anda? Tempat tidur, lemari, lampu tidur, sofa, dan kaca yang terlihat seragam justru pesonanya lebih mudah luntur. Cobalah menghadirkan berbagai perabotan yang anda sukai, lalu padukan.

2. Memajang Bantal Terlalu Banyak

Kaum wanita biasanya menaruh bantal-bantal yang cukup banyak di headboard. Memang idenya untuk membuat desain kamar terasa empuk bisa dibilang sangat bagus. Namun, hitung kembali berapa waktu yang anda buang untuk menata bantal-bantal tersebut setiap harinya.

3. Pencahayaan yang Minim

Pencahayaan kamar tidur yang redup memang memungkinkan kita dapat merasakan suasana yang lebih santai, sehingga mampu tertidur nyenyak. Tapi di sisi lain, ada banyak kegiatan yang biasa anda lakukan di kamar tidur selain tidur seperti membaca buku, bermain laptop, dan menyelesaikan pekerjaan. Daripada memaksakan diri menggunakan pencahayaan yang minim, coba kombinasikanlah lampu utama dengan lampu tidur dan lampu baca. Dengan cara ini, anda tetap bisa beraktifitas normal di kamar tidur tanpa menggangu kualitas tidur anda.

4. Memilih Kasur Asal-asalan

Harga kasur memang terbilang mahal, apalagi untuk yang berkualitas premium. Tapi faktanya, rata-rata setiap orang akan menggunakan kasurnya ini selama lebih dari 30 tahun. Hal ini menandakan bahwa kasur termasuk benda yang sangat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan tidur kita. Oleh karena itu, berinvestasilah pada kasur yang berkualitas agar manfaatnya bisa dirasakan positif oleh tubuh.

5. Memakai Warna-warni yang Mencolok

Kamar tidur sejatinya merupakan ruangan untuk beristirahat. Karena itu, saat anda memakai warna-warni yang mencolok, warna tersebut akan mengganggu waktu istirahat anda. Kebanyakan warna mencolok akan membuat mata cepat lelah. Hasilnya, suasana santai yang seharusnya dimiliki kamar berganti dengan suasana yang sangat tertekan.

6. Memajang Lukisan yang Tidak Proporsional

Salah satu cara yang paling sederhana untuk menghias kamar tidur adalah menambahkan lukisan dinding. Namun perlu diperhatikan, hindari memajang lukisan yang berukuran terlalu kecil di atas kasur anda karena pesonanya tidak akan terlihat. Tidak hanya itu, ketidaksesuaian ini juga akan mengacaukan bidang dinding yang seharusnya bisa diolah lebih indah.

7. Pencahayaan yang Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang tidak bagus, termasuk dalam hal pengaturan pencahayaan ruangan. Jika cahaya redup akan menyulitkan anda beraktifitas di kamar, sementara pencahayaan yang berlebihan justru akan menyilaukan pandangan mata anda. Untuk mengantisipasi hal ini, anda bisa memasang lampu dimmer agar tingkat sinarnya bisa disesuaikan dengan mudah.

8. Memasukkan Berbagai Perangkat Elektronik

Penambahan perangkat elektronik di kamar tidur berguna sebagai media hiburan bagi anda. Akan tetapi, jika koleksi perangkat yang anda miliki terlalu banyak, kamar akan terasa sesak. Selain itu, adanya berbagai media hiburan di kamar juga akan mengurangi kualitas tidur karena anda lebih mementingkan hiburan daripada beristirahat.