Ruangan
Dec28

8 Inspirasi Sederhana Ruang Tamu Mungil yang Nyaman

Kebanyakan orang sering merasa kesulitan dalam menata ruang tamu mungil karena ukurannya yang sempit. Padahal dengan penataan yang sederhana, ruang tamu bisa terasa lebih luas dari ukuran aslinya dan tentu saja semakin nyaman. Tak percaya? Berikut ini inspirasi-inspirasi dari arafuru untuk anda.

ruang-tamu-mungil.jpg

Ruang tamu yang berukuran mungil biasanya terasa sempit, terutama jika tidak dilengkapi jendela. Untuk mengatasi hal ini, solusinya buatlah focal point berupa cermin. Sifat cermin yang mampu memantulkan bayangan dan cahaya akan menciptakan kesan seolah ruang tamu terasa lebih luas.

ruang-tamu-sederhana.jpg

Berkat kesederhanannya, penataan interior berpola simetris sangat pas bila diterapkan di ruang tamu yang mungil. Anda bisa mencobanya sendiri dengan menaruh sofa model love seat yang dilengkapi bantal hias ke dalam ruangan. Selanjutnya, tambahkan dua meja kecil di kedua samping sofa. Tak lupa, lampu meja akan mempermanis tampilan kedua meja mungil tersebut. Sebagai penyempurnanya, meja kopi bergaya ottoman sangat cocok tampil di deretan paling depan. Anda bisa memasang wallpaper dinding untuk membuat ruang tamu bersifat dinamis.

desain-ruang-tamu-yang-mungil.jpg

Sebagai media penyimpanan, selalu letakkan barang-barang di sudut yang tersembunyi untuk menghilangkan kesan ruangan tampak menumpuk dan berantakan. Salah satu contohnya, buatlah fungsi meja lebih efektif sebagai tempat penyimpanan. Anda dapat menghadirkan meja berbentuk peti, di mana permukaan atasnya bisa dibuka tutup. Hal ini memungkinkan daya tampung meja lebih besar.

tips-menata-ruang-tamu.jpg

Untuk ruang tamu dengan bentuk mungil, tentu pilihan tempat duduk yang cocok adalah sofa berukuran kecil. Namun tak mesti harus kecil sekali sehingga membuat orang kurang nyaman duduk di atasnya, pilih sofa dengan ukuran proporsional sesuai luas ruangan. Begitupun dengan bentuknya, usahakan tanpa headboard karena sandaran punggung ini akan menghalangi dinding dan membuat interior terasa semakin mungil.

cara-mendesain-ruang-tamu-mungil.jpg

Pada inspirasi kelima ini, anda disarankan memilih perabotan yang terbuat dari bahan kaca. Sifat tembus pandang pada material kaca akan memberikan kesan seolah furnitur tersebut tidak ada, sehingga tidak menyesaki ruangan. Cobalah menerapkan bahan kaca akrilik di permukaan meja atau di kaki-kaki kursi. Penambahan bantal hias berguna untuk menghangatkan furnitur kaca tersebut.

inspirasi-ruang-tamu.jpg

Adanya tanaman di ruang tamu yang mungil juga sangat berguna lho. Tanaman-tanaman ini berfungsi sebagai penghalus bagian sudut ruangan supaya tercipta kesan seolah interior berada di lingkungan terbuka. Selain itu, warna hijau pada tanaman ini juga mampu menyegarkan ruangan sekaligus menghadirkan perasaan mendalam. Pilih tanaman dengan bentuk proporsional, kemudian letakkan di salah satu pojok ruang tamu.

ide-untuk-ruang-tamu-yang-mungil.jpg

Jumlah furnitur yang berada di dalam ruang tamu juga berpengaruh besar terhadap kondisi ruangan. Maka, batasilah jumlah perabotan yang akan digunakan. Jangan penuhi ruang tamu anda dengan kursi-kursi tak terpakai. Gunakan furnitur yang memang diperlukan saja, misalnya satu sofa love seat, satu ottoman, dan sebuah coffe table.

dekorasi-ruang-tamu-sederhana.jpg

Pada gambar di atas, tata letak furnitur berpengaruh besar terhadap kondisi ruang tamu. Meskipun ukurannya besar, anda bisa menaruh sofa love seat menempel ke dinding. Kemudian, biarkan ottoman dan coffe table tetap ditengah agar interior tidak kelihatan membosankan. Bagian pentingnya, usahakan penataan furnitur tidak mengganggu aktifitas di ruang tamu.