8 Cara Menyiasati Kamar Mandi yang Sempit

Bagaimana cara menyiasati kamar mandi yang sempit? Tidak sedikit dari kita yang mempunyai rumah dengan luas terbatas karena harga properti saat ini sangat mahal. Dibutuhkan trik tersendiri untuk membuat rumah mungil tersebut tampak lebih luas dari ukuran sebenarnya. Salah satunya ialah mengorbankan area kamar mandi. Kamar mandi dibangun dengan ukuran yang lebih kecil supaya ruangan di sekitarnya bisa diperluas.

Tidak perlu cemas dengan kamar mandi yang ukurannya sempit. Sebab Anda juga dapat mendesain dekorasinya agar kamar mandi tersebut tetap terlihat menarik dan terasa nyaman seperti kamar mandi di hotel. Kamar mandi yang sempit juga bisa diisi dengan berbagai jenis sanitari dalam jumlah yang cukup banyak seperti bathtub, shower, wastafel, dan kloset asalkan Anda tahu cara menatanya dengan baik.

Trik 1. Gunakan Lantai yang Cerah

Faktor warna mempengaruhi jumlah cahaya yang ada di dalam ruangan. Warna cerah dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas karena sifatnya mampu memantulkan cahaya. Sebaliknya warna gelap bersifat menyerap cahaya sehingga bisa menciptakan kesan mendalam. Itu sebabnya, penggunaan warna gelap pada kamar mandi sempit justru akan mengakibatkan ruangan tersebut terasa semakin sempit. Anda harus memakai lantai yang berwarna cerah untuk kamar mandi yang mungil.

Trik 2. Pakai Ubin yang Ukurannya Besar

Ukuran ubin yang dipilih untuk menutupi lantai juga mempengaruhi kesan yang bakal ditampilkan oleh ubin tersebut. Ubin yang berukuran besar bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas karena jumlah garis-garis yang terbentuk oleh nat lebih sedikit. Sedangkan ubin yang ukurannya lebih kecil dapat membuat suasana ruangan lebih menyatu. Ubin berukuran kecil lebih cocok diaplikasikan di kamar mandi yang luas. Penggunaan ubin yang kecil untuk kamar mandi sempit justru akan mempersempit suasananya.

Trik 3. Perhatikan Letak Aksen Fokusnya

Setiap ruangan membutuhkan aksen sebagai area fokus utamanya (center of attention), begitu pula dengan kamar mandi. Aksen untuk kamar mandi sebaiknya diletakkan di dinding yang terlihat pertama kali setelah pintu dibuka. Posisi aksen lainnya yang kami rekomendasikan adalah area yang menjadi perhatian kita pada saat berada di dalam kamar mandi seperti wastafel atau bathtub. Berikan aksen sewajarnya saja. Pemberian aksen yang terlalu banyak malah akan mengacaukan suasana kamar mandi.

menyiasati-kamar-mandi-sempit.jpg

Trik 4. Pilih Aksen yang Warnanya Serasi

Aksen untuk kamar mandi harus dipilih sebaik mungkin supaya benar-benar dapat memperindah, mempercantik, atau mempermanis ruangan. Termasuk dalam pemilihan warnanya diusahakan agar warna aksen serasi dengan warna dinding, lantai, dan sanitari yang digunakan. Anda bisa memilih warna yang lebih gelap untuk aksen ruangan untuk mempertegas keberadaannya. Sedangkan jika menginginkan suasana yang terasa lebih luas, pilihlah warna aksen yang sama seperti warna sanitari.

Trik 5. Beli Keramik Jenis Rectified

Khusus bagi Anda yang ingin menggunakan keramik sebagai material penutup lantai maupun dinding kamar mandi, kami sarankan belilah keramik yang berjenis rectified. Keramik jenis rectified sudah dipotong oleh pabrik di keempat sisi-sisinya. Tujuannya untuk menghilangkan area yang tidak terkena warna, window frame, atau bevel pada permukaan keramik tersebut. Jarak natnya pun bisa dibuat lebih tipis karena bentuknya lebih siku. Sehingga ketika dipasang di lantai/dinding, susunan keramik-keramik ini bisa lebih menyatu.

Trik 6. Bangun Plafon yang Lebih Tinggi

Perlu Anda ketahui, setiap ruangan mempunyai dua area yang bisa kita olah sedemikian rupa untuk membuatnya terlihat lebih luas. Ada area horizontal yang mendatar. Ada pula area vertikal yang meninggi. Di kamar mandi yang sempit, Anda mungkin tidak bisa bermain terlalu banyak di area horizontal karena luas ruangan yang terbatas. Tetapi Anda bisa bermain lebih pada area vertikal kamar mandi untuk memberikan kesan lebih luas. Salah satu caranya dengan membangun plafon yang berukuran lebih tinggi.

Trik 7. Pasang Keramik Dinding Persegi Panjang

Trik ini juga berguna untuk membuat kamar mandi tampak lebih tinggi dari ukuran yang sebenarnya. Anda bisa memakai keramik yang berbentuk persegi panjang untuk menghiasi dinding ruangan. Pasanglah keramik tersebut dengan posisi vertikal atau tegak berdiri. Jangan memasangnya secara horizontal atau mendatar sebab malah akan membuat ruangan tampak lebih sempit. Dalam pemilihan warna keramik dinding ini, tidak lupa Anda juga harus menggunakan keramik yang berwarna cerah.

Trik 8. Pastikan Ruangan Selalu Terang

Cahaya  dapat digunakan untuk mendesain kamar mandi dengan suasana yang sesuai keinginan kita. Suasana kamar mandi yang luas bisa tercipta dengan menggunakan cahaya yang terang. Pastikan kondisi di dalam kamar mandi senantiasa terang dipenuhi oleh cahaya. Anda bisa membuat jendela di dinding atau memasang atap kaca supaya sinar matahari bisa masuk dengan maksimal ke dalam kamar mandi. Sementara untuk pencahayaan di malam harinya, Anda bisa memanfaatkan lampu yang memiliki cahaya berwarna putih.