Ruangan
Apr24

8 Cara Menghias Ruang Tamu yang Sempit

Kesulitan utama dalam menghias ruang tamu yang sempit adalah terbatasnya bidang desain yang bisa diolah. Hal ini memaksa kita untuk memakai benda-benda yang memang diperlukan. Jadi, singkirkan jauh-jauh dulu keinginan anda untuk memiliki berbagai aksesoris ruang tamu yang tidak penting.

Menghias ruangan yang sempit memerlukan fokus yang tinggi agar kita tetap berkonsentrasi terhadap penciptaan kesan ruangan yang luas. Ada kalanya keindahan merupakan bonus dari upaya kita dalam memilih unsur dekorasi yang tepat.

cara-menghias-ruang-tamu-sempit.jpg

1. Jadikan Lantai Sebagai Unsur Dekorasi Utama

Ada beberapa trik desain untuk membuat sesuatu tampak sesuai keinginan kita. Salah satunya adalah bagaimana kita memanfaatkan lantai untuk menciptakan ruangan yang tampak lebih luas. Ini berarti anda tidak harus merobohkan dinding partisi untuk memiliki ruangan yang luas ya.

Rahasianya adalah semakin banyak lantai yang terlihat, maka ruang tamu pun akan terasa lebih luas dari ukuran sebenarnya. Untuk merealisasikan hal ini, pemilihan bahan lantai memegang peranan yang amat penting. Kami merekomendasikan gunakanlah lantai kayu atau laminasi. Kedua jenis lantai ini sanggup menipu mata dan menghasilkan suasana ruangan yang rileks. Pilihan lainnya adalah lantai bermotif garis-garis horizontal yang akan “menambah” lebar ruangan seketika.

Sebaliknya, hindari menambahkan karpet pada ruangan yang berukuran relatif sempit. Meskipun karpet cocok untuk ruang tamu karena bersifat hangat dan mengundang, tetapi bidang lantai bisa tertutup olehnya.

2. Sofa atau Kursi?

Keberadaan sofa memang tidak bisa dilepaskan dari eksistensi suatu ruang tamu. Tetapi sayangnya, sofa, yang biasanya berukuran besar, justru akan menyita banyak ruangan sehingga membuat ruang tamu terasa semakin sempit.

Oleh sebab itu, cobalah memakai kursi yang ringan atau sofa tanpa sandaran sebagai gantinya. Kuncinya adalah semakin banyak daerah di antara kursi tamu yang terlihat, semakin luas pula kesan ruangan yang ditimbulkannya.

3. Motif Garis-garis

Di dalam dunia fashion, banyak perancang busana yang memanfaatkan motif garis vertikal untuk membuat pemakainya tampak lebih tinggi/langsing serta garis horizontal agar pemakainya terlihat seolah bertubuh proporsional/tidak terlalu kurus. Hal yang sama juga berdampak positif saat kita ingin menghias ruang tamu yang terlalu sempit.

Gunakan trik ini pada pengolahan dekorasi area dinding, terutama jika anda merasa rumah yang anda miliki beratap rendah atau anda ingin membuat ruang tamu tampak lebih lebar. Yang penting, pemilihan kombinasi warna sebagai pembentuk motif garis-garis harus serasi dan tidak kontras.