Ruangan
Mar12

7 Tips Menata Desain Kamar Tidur Tamu

Sesuai namanya, kamar tidur tamu berfungsi sebagai ruang peristirahatan bagi tamu yang datang berkunjung ke rumah. Akan tetapi, karena jarang digunakan, kamar ini sering terlihat amburadul. Perancangan dekorasinya pun hanya dilakukan asal-asalan saja. Bahkan tak jarang, kamar tamu ini menjadi tempat penyimpanan perabotan-perabotan yang tak terpakai lagi.

kamar-tidur-tamu.jpg

Contoh Kamar Tidur Tamu yang Nyaman

Padahal, untuk membuat desain kamar tidur tamu terlihat lebih mewah dan lebih nyaman, ada beberapa cara mudah dan hemat yang bisa anda lakukan. Di bawah ini panduannya :

  1. Periksa kembali perabotan-perabotan yang dipakai untuk memenuhi kamar tamu anda. Kebanyakan pemilik rumah mengisi kamar tamunya dengan furnitur yang sudah tidak terpakai. Maka hasilnyan, suasana di ruangan ini pun terasa kacau karena berdiri sendiri-sendiri dan tidak saling melengkapi. Untuk itu, sembunyikan saja perabotan yang tampak aneh tersebut menggunakan penutup yang terlihat lebih menarik.
  2. Pastikan ketebalan selimut di kamar tamu terasa hangat, tebal, dan empuk. Selimut seperti ini tidak begitu mahal kok. Terlebih jika anda membelinya di pasar swalayan. Buatlah selimut tersebut tampak mengembang dengan melipat kedua sisinya. Lalu, bentangkan sampai di bagian kaki tempat tidur. Dengan begini, anda tidak perlu lagi menambahkan throw pillow karena kasur sudah terlihat nyaman. Untuk mengantisipasi keinginan dan kebutuhan tamu anda, sediakan juga selimut yang cukup tipis. Taruh selimut tambahan ini di atas selimut tebal dan membentang hingga bagian kaki tempat tidur.
  3. Tambahkan suatu perabotan khusus sebagai tempat menaruh koper ke dalam kamar tamu. Memang benar, tanpa perabotan khusus ini pun koper bisa diletakkan di mana saja. Akan tetapi, untuk memanjakan tamu dan memastikan kotoran di koper tidak merusak suasana di dalam kamar, sebaiknya sediakan juga lemari, meja, atau kursi ottoman untuk menaruh koper tersebut.
  4. Jangan lupa, sediakan juga air minum beserta gelas-gelasnya di kamar tamu. Dengan cara ini, tamu tetap merasa nyaman tinggal di rumah karena tak perlu malu-malu lagi jika ingin mengambil air minum dalam jumlah yang banyak.
  5. Taruh juga rangkaian bunga segar di salah satu sudut kamar tidur tamu. Selain berfungsi memperindah suasana ruangan, tamu pun akan merasakan telah disambut anda sekeluarga dengan sangat spesial.
  6. Pastikan sirkulasi udara di kamar tidur tamu dapat berjalan lancar dan mampu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Usahakan juga pencahayaan lampu di malam hari sanggup menyinari seisi ruangan dengan baik. Jika diperlukan, anda bisa menaruh lampu tidur di atas meja, layaknya di kamar tidur utama.
  7. Selain lampu tidur, penuhi juga meja kecil tersebut dengan jam weker, senter, dan kertas tisu. Pastikan juga luas permukaan meja cukup untuk meletakkan barang bawaan tamu seperti smartphone, buku nota, laptop, dan sebagainya. Pastikan juga ada stop kontak listrik di kamar tamu, sehingga tamu anda bisa menggunakannya dengan leluasa.

Pada dasarnya, aspek kenyamanan, kebersihan, dan kelengkapan di kamar tidur tamu lebih penting jika dibandingkan dengan suasana desain yang mewah. Dengan ketiga aspek tadi, anda bisa memenuhi semua kebutuhan tamu dan membuatnya serasa tinggal di rumah sendiri. Akhirnya, mereka pun bakal merasa betah selama tinggal dan berkumpul di rumah anda.