Ruangan
Apr25

7 Tips Fengshui untuk Kamar Tidur Berenergi Positif

Bagaimana tips fengshui untuk kamar tidur yang mempunyai energi positif? Kamar tidur adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat beristirahat dan tempat tidur. Mayoritas pemilik rumah menghabiskan waktu paling banyak di ruangan ini dibandingkan dengan ruangan-ruangan yang lainnya. Oleh karena itu, fengshui kamar tidur harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh dan diolah sedemikian rupa agar mampu mengalirkan energi positif. Harapannya, kehidupan rumah tangga pun terjaga keharmonisan, ketenangan, dan kedamaiannya berkat aliran energi-energi positif tersebut.

tips-fengshui-untuk-kamar-tidur.jpg

Kamar Tidur

Di bawah ini tips-tips fengshui dari Arafuru yang bisa dilakukan untuk menciptakan kamar tidur berenergi positif!

1. Tempatkan Kamar Tidur di Ruangan Sebelah Selatan

Layout rumah yang paling baik untuk dibuat kamar tidur adalah sisi sebelah selatan. Dengan menghadirkan kamar tidur di sisi ini, dipercaya dapat menarik energi positif dan meningkatkan kemakmuran. Sebaliknya, hindari membangun kamar tidur di dekat kamar mandi dan toilet.

2. Pastikan Pintu Kamar Selalu Lancar

Pintu kamar tidur berpengaruh besar terhadap sirkulasi udara yang keluar masuk ruangan. Pastikan pintu tersebut bisa membuka dan menutup dengan lancar, serta gerakannya tidak terhalang akibat adanya kerusakan. Ketika pagi hari, sebaiknya pintu kamar tidur dan jendela dibuka beberapa saat agar udara segar bisa lebih leluasa bergerak di dalamnya.

3. Jagalah Kerapian Kamar Tidur

Jagalah kondisi kamar tidur agar selalu dalam keadaan rapi dan teratur. Kamar yang bersih akan dipenuhi energi positif yang membuat suasana di dalamnya terasa bahagia dan menyenangkan. Berbanding terbalik, kamar tidur yang berantakan akan menarik energi negatif untuk berdatangan.

4. Hadapkan Kepala ke Arah Selatan

Posisi tidur yang paling ideal menurut fengshui adalah dengan berbaring menghadapkan kepala ke arah selatan. Kenapa? Sebab posisi tidur seperti ini dianggap mampu mendatangkan keberuntungan bagi diri sendiri. Namun usahakan di area kamar sebelah selatan ini tidak ada pintu dan cermin, sebab tidur menghadap kedua benda ini dipercaya menimbulkan energi negatif.

5. Jangan Menyimpan Air di Kamar Tidur

Jangan pernah menyimpan sumber air di dalam kamar tidur, sekalipun itu berupa vas, akuarium, atau gelas berisi air minum. Hal ini dikarenakan keberadaan air di kamar tidur diyakini dapat menyebabkan konflik dalam hubungan berumah tangga. Selain itu, hindari juga makan dan minum di kamar tidur, khususnya di atas kasur.

6. Lakukan Kegiatan yang Membahagiakan

Menurut fengshui, melakukan kegiatan yang menyenangkan di kamar tidur justru sangat disarankan. Aktivitas yang membahagiakan tersebut akan meningkatkan energi positif di kamar tidur sehingga suasananya lebih berkualitas. Anda bisa memulainya dari kegiatan yang anda sukai, seperti membaca, menulis, dan mendengarkan alunan musik.

7. Maksimalkan Fungsi Kamar Tidur

Maksimalkanlah fungsi kamar tidur sebagai tempat bersantai dengan memasang lukisan-lukisan yang menenangkan pikiran. Tidak ada salahnya menambahkan wewangian alami agar tubuh terasa lebih rileks. Jangan lupa, keluarkan benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi dari dalam dekorasi kamar tidur agar tidak mengotori suasananya.