Ruangan
May6

7 Rahasia Desain Dapur Mewah dengan Biaya Murah

Bagaimana cara mendesain dapur mewah dengan biaya yang murah? Dapur adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat mengolah bahan makanan menjadi sajian masakan yang lezat. Kebanyakan pemilik rumah tidak tertarik mengusung desain mewah untuk ruangan ini lantaran perkiraan biaya pembuatannya yang mahal. Padahal dengan cara-cara yang tepat, ruang makan di rumah anda bisa dibuat laksana di hotel dan restoran bintang lima.

desain-dapur-mewah.jpg

Dapur Bergaya Mewah

Simak rahasia kiat-kiatnya berikut ini :

1. Perbaiki Model Lemari Kabinet

Ukurannya yang besar membuat wujud kabinet sangat mempengaruhi suasana di dapur secara keseluruhan. Untuk itu, hanya dengan memberikan sentuhan-sentuhan tertentu di furnitur ini, dapur pun menjadi terlihat mewah seketika. Beberapa cara yang bisa anda coba misalnya mengganti pintu kabinet dengan model yang terbaru atau menggantinya dengan bahan kaca bening. Apabila warna lemari tersebut sudah nampak usang, disarankan untuk mempeliturnya kembali sehingga terlihat bersih dan mengkilap.

2. Warnai dengan Cat yang Kontras

Apakah saat ini dinding dapur di rumah anda berwarna gelap? Jika iya, cobalah cat ulang ruangan tersebut dengan memakai warna terang, begitupun sebaliknya. Pengubahan warna yang kontras mampu menghasilkan kesan yang lebih kuat dibandingkan jika anda menerapkan warna yang senada. Baik warna gelap dan warna terang pada dasarnya bisa menciptakan nuansa yang mewah. Warna gelap akan membuat suasananya lebih akrab, sedangkan warna terang mampu menghadirkan nuansa yang lapang.

3. Ganti Pencahayaan di Dalam Ruangan

Mengganti lampu di dapur agar pencahayaan yang dihasilkannya berbeda juga bisa lho membuat ruangan ini bertambah mewah. Sebagai contoh, anda bisa melepaskan lampu langit-langit dan memasang chandelier atau pendants. Kelebihannya, selain berfungsi sebagai sumber cahaya, lampu tersebut juga sekaligus menjadi aksesoris ruangan.

4. Hiasi dengan Pajangan Karya Seni

Karya seni adalah pajangan yang paling tepat untuk membawa kemewahan ke dalam dapur. Jangan bingung memilih karya seperti apa yang cocok anda gantungkan di ruangan ini. Cobalah memasukkan lukisan bergambar abstrak, guci-guci mewah, atau bahkan gerabah tradisional.

5. Jangan Lupakan Pesona Jendela

Jika desain dapur dilengkapi jendela, jangan lupa juga untuk menghiasnya ya. Cobalah menerapkan tirai berwarna cerah untuk memunculkan pemandangan yang segar. Bisa juga menggunakan gorden-gorden berkelir gelap agar kesan yang dibawa lebih mendalam.

6. Ganti Peralatan yang Kuno

Desain mewah akrab dengan nuansa yang kekinian. Model peralatan yang sudah kuno hanya akan merusak suasana di dalamnya. Disarankan mengganti alat-alat makan tadi dengan model yang lebih baru dan tampak elegan. Misalnya cobalah menggunakan piring dan mangkuk berwarna putih polos serta gelas yang jangkung.

7. Jaga Kerapian di Dapur

Dapur yang mewah adalah dapur yang rapi. Kondisi dapur yang bersih dan teratur memungkinkannya terlihat lebih berkelas. Sebaliknya, dapur yang berantakan tidak memiliki kesan estetika samasekali. Untuk itu, anda harus membiasakan diri menjaga kerapian suasana di dapur agar terasa kemewahannya.