7 Inspirasi Desain Taman Minimalis dengan Batu Alam

Butuh inspirasi desain taman minimalis dengan batu alam? Tahukah \anda, keindahan taman akan berpengaruh besar terhadap pesona rumah yang anda miliki. Semakin cantik taman tersebut, maka akan semakin menarik pula tampilan rumah di belakangnya.

Guna menciptakan taman yang indah, selain menanam tumbuhan yang hijau dan berbunga, anda bisa memanfaatkan batu. Batu, material berbentuk padat dan keras ini seringkali luput dari imajinasi kita. Padahal, batu memiliki pesona yang khas dan dapat menghadirkan kesan tertentu dalam sekejap. Bentuk dan warna batu yang beraneka ragam juga membuatnya terlihat unik.

Sungai Batu

Terinspirasi dari sungai-sungai di Asia di mana bagian tepinya selalu penuh dengan bebatuan, anda dapat menciptakan ornamen sungai dengan model seperti ini. Tidak masalah apakah sungai batu tersebut akan dialiri air atau tidak. Yang penting, bentuk sungai yang semakin mengelok akan terlihat semakin indah. Ornamen ala sungai berbatu ini juga bisa dihadirkan dalam bentuk jalan setapak menuju rumah anda.

Pagar Batu

Jika anda tinggal di tempat yang luas dekat danau atau hutan, jangan menghilangkan pemandangan sekitar rumah dengan membangun pagar tinggi. Anda tetap bisa memberikan batas yang jelas pada properti anda hanya dengan menyusun batu sedemikian rupa. Cara ini juga ampuh menciptakan lanskap yang menarik.

Tempat Bersantai

Terkadang, kita merasa sayang untuk duduk-duduk di atas rumput taman karena khawatir akan membuatnya mati. Nah, kehadiran batu-batu kecil yang dikelompokkan akan menjadi alas yang aman. Ditambah, hamparan bebatuan tersebut akan menghadirkan tampilan yang sangat menarik.

Tangga Batu

Jika taman anda terletak lebih rendah dari rumah, cobalah manfaatkan batu sebagai tangga. Jangan khawatir dengan bentuknya yang tak beraturan. Justru itulah yang membuatnya terlihat unik.

Kursi Batu

Alternatif lain, anda bisa menggunakan batu sebagai kursi. Batu yang digunakan tentu harus berukuran besar dan memiliki permukaan yang cukup datar. Yang tak kalah penting, cobalah untuk membuat penataannya terlihat sealami mungkin.

Dinding Batu

Pada dasarnya, pembuatan dinding batu dilakukan dengan menyusun batu-batu tersebut di permukaan dinding semen. Batu-batu ini berfungsi sebagai pembentuk motif. Karenanya, pemilihan warna batu yang digunakan pun harus diperhatikan seksama. Salah satu kelebihan menggunakan dinding batu adalah bagian taman dan desain rumah mampu menyatu dengan kuat.

Kolam Batu

Karena batu tidak bisa dilepaskan dari air, maka ide membangun kolam yang dipenuhi bebatuan adalah ide yang wajib dicoba. Lengkapi kolam tersebut dengan air mancur atau air terjun buatan sehingga terlihat mirip aslinya.