Ruangan
Dec24

7 Ide Menata Dapur Mungil biar Semakin Nyaman

Menata dapur mungil memang penuh dengan tantangan. Anda tidak hanya dituntut untuk menciptakan dapur yang rapi dan bersih, tetapi juga harus menjaganya agar tetap terlihat luas. Selain itu, penataan dapur mungil juga perlu mempertahankan fungsi utama dan kenyamanan dari ruangan memasak ini.

tips-menata-dapur-mungil.jpg

Bingung memulainya? Cobalah ketujuh ide dari kami di bawah ini :

  1. Jagalah kerapian di dapur. Pastikan semua benda memiliki tempatnya masing-masing. Dengan begini, tidak ada perabotan yang mengotori ruangan dan anda pun lebih mudah menemukan suatu benda.
  2. Jika anda ingin memiliki lemari kabinet, biarkanlah isi lemari tersebut bisa dilihat dari luar. Caranya, anda bisa menggunakan kitchen set berbahan kaca. Hal ini dimaksudkan agar lemari yang berukuran besar ini tidak menghalangi pandangan, melainkan bisa menyatu dengan semua bagian dapur lainnya.
  3. Anda bisa membuat keberadaan piring seolah tidak ada/menjadi samar dengan cara menggunakan piring berwarna putih di dapur yang juga berwarna putih. Piring yang biasanya tampak menumpuk penuh, sekilas akan menjadi hilang karena nuansanya seolah bergabung dengan dinding ruangan.
  4. Untuk ukuran dapur di sebuah rumah, anda tidak perlu meletakkan peralatan dapur yang berjumlah banyak. Cukup menyesuaikan jumlah perabotan-perabotan tersebut dengan jumlah penghuni rumah. Hal ini juga berdampak positif pada kemudahan anda dalam merawat semua perabotan-perabotan dapur ini.
  5. Pastikan dapur memiliki ventilasi udara yang baik, terutama sebagai jalur masuknya sinar matahari. Hal ini berguna agar dapur tetap sehat dan tidak lembab. Pada malam hari, terangilah dapur dengan lampu bercahaya putih untuk menjaganya tetap terlihat luas.
  6. Berikanlah perhatian yang lebih pada permukaan meja dapur. Pastikan bagian counter top ini mendapatkan pencahayaan yang terang agar kegiatan masak-memasak berjalan dengan aman dan menyenangkan.
  7. Untuk dapur berukuran kecil, sebaiknya anda menggunakan furnitur-furnitur dengan ukuran yang kecil pula. Lebih baik lagi jika furnitur tersebut bersifat multifungsi, sehingga jumlahnya bisa ditekan.