Ruangan
Nov18

7 Cara Menata Kamar Tidur yang Menenangkan

Memiliki kamar tidur yang mampu menenangkan pikiran mungkin menjadi salah satu impian anda. Bayangkan, anda bisa melepaskan kepenatan yang terasa seharian penuh di ruangan pribadi ini. Kini, kamar tidur pun menjadi terasa lebih nyaman.

Mudah kok untuk mewujudkan hal ini. Berikut tips-tips bagaimana menciptakan suasana yang tenang di kamar tidur :

1. Sinar Matahari

kamar-tidur-menenangkan.jpg

Kita tahu sinar matahari terasa hangat dan begitu lembut di kulit. Bayangkan, setiap pagi, anda dibangunkan oleh sinar alami yang sangat nyaman ini. Agar sinar yang menerpa tubuh lebih banyak, anda bisa menggeser kasur ke dekat jendela. Pastikan juga tirai tetap terbuka sehingga sinar mentari leluasa memasuki ruangan.

2. Tanaman Segar

desain-kamar-tidur-menenangkan.jpg

Keindahan alam mampu menghasilkan efek menenangkan pada diri anda. Oleh karena itu, tak ada salahnya menghadirkan lingkungan alami pada kamar tidur. Cobalah memetik bunga setiap pagi, kemudian taruh di vas berisi air. Keharumannya seketika menyebar ke seluruh ruangan. Jika tak mau repot, anda bisa memasukkan sebuah pot berisi tanaman segar dengan daun yang menyejukkan mata.

3. Lilin Aromaterapi

dekorasi-kamar-tidur-menenangkan.jpg

Wangi dari lilin aromaterapi juga mampu menenangkan pikiran lebih mendalam. Anda bisa menaruh lilin-lilin ini di mangkuk kecil dan menjadikan kamar tidur bernuansa romantis. Jika ingin lebih hemat, anda bisa membuat wewangian sendiri. Cobalah resep wewangian alami di sini.

4. Selimut

inspirasi-kamar-tidur-menenangkan.jpg

Untuk mendukung kenyamanan di kamar tidur, sesuaikan lah selimut yang dipakai dengan suhu ruangan. Sebagai contoh, ketika musim kemarau yang panas, anda bisa menggunakan selimut tipis agar tidur tetap nyaman. Sementara saat musim penghujan, cobalah menggantinya dengan selimut tebal untuk mengusir hawa dingin. Selain itu, pastikan juga tekstur selimut yang dipakai terasa lembut di kulit.

5. Bantal

contoh-kamar-tidur-menenangkan.jpg

Sebagai penopang kepala dan leher, bantal berpengaruh besar terhadap kualitas tidur anda. Sungguh tak ada tandingannya kenyamanan berbaring di bantal yang empuk. Oleh karena itu, anda harus rajin menjemur bantal agar teksturnya tetap terjaga. Jangan lupa, untuk memastikan bantal selalu bersih, gantilah sarung bantal tersebut minimal seminggu sekali.

6. Warna Menenangkan

warna-kamar-tidur-menenangkan.jpg

Untuk mendapatkan nuansa menenangkan yang berlebih, hindarilah mengaplikasikan warna cat dinding yang tampak mencolok dan atraktif. Lebih baik jika anda memilih warna-warni netral yang dipadukan dengan warna pastel. Misalnya, anda bisa mengkombinasikan warna putih dengan warna hijau pastel untuk menciptakan suasana yang lembut dan lega.

7. Rapi

gambar-kamar-tidur-menenangkan.jpg

Semua ruangan yang terlihat rapi mampu menimbulkan perasaan menenangkan bagi para penghuninya. Hal yang sama juga berlaku pada suasana di ruang keluarga dan kamar tidur anda. Sebagai trik tambahan, agar anda lebih mudah menjaga kerapian kamar, hindarilah menjadikan kamar tidur sebagai ruang kerja tambahan. Biarkan kamar tidur berfungsi sebagaimana kegunaan utamanya agar selalu rapi.