Ruangan
Dec24

6 Trik Menyiasati Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Luas

Memiliki kamar tidur yang sempit bukan berarti anda tidak bisa membuatnya terlihat luas. Kenapa harus terlihat luas? Supaya kamar tidur tetap terasa lega, tidak sumpek, dan nyaman ditempati. Ide-ide dari arafuru berikut ini akan membantu anda.

Pewarnaan Sederhana

pewarnaan-sederhana.jpg

Semakin sederhana pilihan warna yang digunakan di dinding, hasilnya ruangan akan semakin terasa lega. Apalagi jika anda memanfaatkan warna terang di beberapa sudut kamar.

Begitu juga dengan warna yang dipilih untuk bagian langit-langit kamar. Plafon sebaiknya berwarna putih untuk menciptakan kesan ruangan terbuka. Di sisi lain, jangan pernah menerapkan warna gelap sebab justru bisa membatasi pandangan mata.

Pengaplikasian warna terang juga dapat digunakan pada aksesoris pelengkap kamar seperti selimut, sprei, dan gorden. Usahakan warna yang dipilih tampak teduh di mata dan tidak mencolok. Hindari pemakaian motif dan corak berukuran besar karena akan membuat ruangan terlihat ramai.

Perabotan yang Sederhana dan Menghemat Tempat

Selalu gunakan perabotan dengan bentuk yang simple dan dirancang untuk menghemat ruangan. Sebaliknya, hindari menambahkan perabotan yang bisa menyesaki kamar dan membuat anda sulit berjalan di dalamnya dikarenakan bentuknya yang boros tempat.

Selain dari segi ukuran, penempatan perabotan juga harus diperhatikan. Sebaiknya, perabotan-perabotan ini diletakkan pada posisi yang tepat. Pastikan adanya perabotan tersebut tidak mengganggu gerak-gerik anda di dalam kamar.

Kembalikan Fungsi Awal Kamar Tidur

Kebiasaan sekarang adalah menjadikan kamar tidur sebagai ruangan pribadi. Sebenarnya tidak ada masalah dalam konsep kamar ini. Hanya saja, jika anda terlalu banyak memenuhi kamar dengan barang-barang pribadi, justru kamar terasa semakin sempit.

Untuk mencegah hal ini terjadi di kamar milik anda, sebaiknya anda tetap mengutamakan fungsi kamar sebagai tempat tidur. Pastikan kenyamanan kasur menjadi fokus utama penataan ruangan. Anda bisa mencobanya dengan mengganti kasur baru atau menggunakan sprei dan selimut bertekstur halus. Dengan terciptanya area tidur yang nyaman, hal ini akan langsung mewakili perasaan anda pada seluruh sudut kamar.

Pencahayaan Menyebar

Aspek pencahayaan juga sangat mempengaruhi suasana yang akan tercipta di dalam kamar anda. Selain pencahayaan alami, jangan lupa mainkan juga pencahayaan buatan dari lampu. Biar kamar terasa lebih luas, anda bisa menggunakan teknik pencahayaan menyebar di mana cahaya lampu akan menerangi seluruh ruangan, baik untuk bagian bawah maupun bagian atas.

Biasanya, teknik ini banyak menggunakan lampu-lampu dinding yang ditata sedemikian rupa mengitari ruangan. Tingkat penerangan lampu tidak perlu terlalu kuat karena kita akan menggunakan lebih dari satu lampu yang nantinya bakal saling mendukung. Cahaya lampu yang menerangi lantai akan membuat kamar terasa luas, sedangkan sinar lampu yang menyentuh plafon akan menciptakan kamar yang lebih tinggi dari ukuran aslinya.

Perhatikan Tingkat Proporsional Kamar Tidur

Tingkat proporsional yang dimaksud adalah perbandingan antara ukuran perabotan dengan kamar. Usahakan untuk kamar sempit, perabotan yang ditambahkan pun tidak begitu besar. Hal ini berguna agar ruang gerak yang dimiliki masih cukup luas.

Tingkat proporsional tinggi furnitur dengan plafon juga harus diperhatikan. Kamar tidur berplafon rendah sebaiknya dipenuhi dengan furnitur berukuran rendah pula. Hindari memilih furnitur tinggi karena akan menghalangi pandangan dan menyebabkannya terasa semakin sempit.

Pemasangan Wallpaper Dinding Bergaris-garis

Motif garis-garis pada wallpaper dinding sangat ampuh menciptakan kesan tertentu di dalam kamar. Garis vertikal bisa anda terapkan jika ingin kamar terasa lebih tinggi. Sementara untuk garis horisontal dapat diandalkan untuk membuat kamar terasa lebih luas. Meskipun begitu, anda tetap harus memperhatikan kesederhanaan ruangan dengan tidak memilih garis yang rumit agar kamar tetap lega.