Ruangan
Nov27

6 Tips Mengatur Feng Shui Ruang Tamu yang Penuh Kemakmuran

Mengatur fengshui ruang tamu, bagaimana caranya? Sebagai ruangan untuk menyambut kedatangan orang lain, anda perlu mengatur ruang tamu berdasarkan fengshui. Hal ini dilakukan agar energi positif yang memasuki rumah bisa dimaksimalkan.

Bagaimanakah pengaturan ini dilakukan? Di bawah ini tips-tips dari Arafuru selengkapnya :

1. Ketahui Sisi Emas Ruang Tamu

fengshui-ruang-tamu.jpg

Menurut fengshui, setiap ruangan di rumah memiliki sisi emas yang mengundang kemakmuran dan keberuntungan, tak terkecuali pada ruang tamu. Sisi emas pada ruang tamu terletak di seberang diagonal dari posisi pintu masuk. Apabila pintu masuk berada di sebelah kiri, maka sisi emas ini berada di bidang kanan dari dinding yang berseberangan. Begitu pula jika pintu masuk terletak di posisi kanan, maka sisi keberuntungan pun ada di sebelah kiri dari dinding yang berseberangan tadi. Sementara itu, untuk posisi pintu yang berada di tengah, maka sisi kemakmuran ruang tamu ada di sebelah kanan dan kiri dari dinding yang berseberangan dengan pintu masuk.

2. Lukisan yang Bermakna Pengharapan

lukisan-ruang-tamu.jpg

Setelah anda mengetahui sisi emas ruang tamu, selanjutnya adalah memaksimalkan energi positif dari sisi tersebut. Salah satunya bisa dilakukan dengan memajang lukisan yang mengandung makna pengharapan terhadap keberuntungan dan kemakmuran. Adapun contoh dari lukisan ini misalnya lukisan yang menggambarkan sebuah gunung dengan sawah yang menguning, pemandangan bangau di alam, sembilan ekor koi, dan kuda yang sedang berlari.

3. Menambahkan Patung dan Guci

patung-dan-guci-ruang-tamu.jpg

Dalam fengshui, guci dan patung merupakan simbol kemakmuran. Oleh karena itu, menambahkan aksesoris-aksesoris ini bisa menghadirkan energi positif tersendiri di ruang tamu. Sebagai contoh, guci berbentuk angka delapan dapat menyimpan udara rejeki di dalamnya, batu kristal dipercaya mampu membentengi ruang tamu dari energi negatif, dan tanaman jeruk sebagai lambang kemakmuran dan kebaikan. Tak hanya itu, anda juga bisa menambahkan akuarium untuk memaksimalkan chi di ruangan ini.

4. Buka Pintu dan Jendela Setiap Pagi

jendela-fengshui-ruang-tamu.jpg

Untuk menyambut udara segar pembawa rezeki, pastikan anda membuka pintu dan jendela di pagi hari. Udara pagi ini, kaya akan chi karenanya harus dibiarkan masuk dan singgah di rumah. Sebaliknya, kemakmuran dan keberuntungan akan statis bahkan bisa menurun jika pintu dan jendela selalu dalam keadaan tertutup. Biarkan bukaan ruangan ini tetap terbuka minimal 30 menit per hari.

5. Biarkan Tamu Memasuki Rumah Lewat Pintu Utama

pintu-utama-ruang-tamu.jpg

Pada rumah modern, penghuni biasanya lebih memilih masuk dan menyambut tamu di pintu garasi karena lebih efisien. Padahal pintu utama yang sudah dibangun di posisi medan magnetik paling menguntungkan ini bisa membuat tamu yang memasuki rumah akan menghadirkan hawa keberuntungan bagi ruangan tersebut. Jadi, biasakanlah dari sekarang untuk menyambut kedatangan orang lain yang berkunjung ke rumah lewat pintu ruang tamu.

6. Maksimalkan Pencahayaan Malam Hari

pencahayaan-ruang-tamu-malam.jpg

Kebalikan dari udara pagi, udara malam yang masuk lewat pintu utama bersifat negatif (yin). Oleh karena itu, anda harus membuyarkan energi tersebut agar tidak mengendap di ruangan. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menerangi ruang tamu dengan lampu minimal 30 menit.