Ruangan
May22

6 Tips Mendesain Rumah Minimalis

tips-desain-rumah-minimalis.png

Bagaimanakah tips mendesain rumah minimalis yang menawan? Akhir-akhir ini konsep minimalis dalam dunia desain interior banyak diminati. Selain karena faktor rumah mungil, konsep minimalis juga memberikan kesan rapi dan bersih pada ruangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan konsep minimalis di dalam rumah Anda. Salah satunya adalah faktor keefektifan penggunaan ruangan secara maksimal. Oleh sebab itu, diperlukan tingkat kecermatan tinggi agar diperoleh rumah minimalis yang sempurna. Berikut ini tips-tips yang bisa Anda garis bawahi dalam menciptakan konsep minimalis:

1. Pemilihan furnitur

Untuk menciptakan desain rumah minimalis, Anda perlu memperhatikan furnitur yang digunakan di dalam rumah. Sebaiknya gunakan benda-benda yang memiliki fungsi ganda dan berbentuk sederhana. Hindari penggunaan barang-barang yang mempunyai banyak sudut karena akan mempersempit ruangan.

2. Pemilihan warna

Desain minimalis berfokus pada kesan rapi, luas, dan efektifitas penggunaan tempat. Untuk menghadirkan kesan seperti ini, Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan jenis pewarnaan yang tepat pada lantai, dinding, dan langit-langit rumah. Padukan warna-warna cerah untuk menghasilkan kombinasi warna yang segar di mata. Jangan menggunakan warna gelap terlalu banyak agar ruangan tidak terlihat sempit.

3. Cahaya dan sirkulasi udara

Seperti pada konsep desain rumah mungil, faktor cahaya dan sirkulasi udara juga sangat penting. Usahakan sinar matahari dan aliran udara bisa masuk sempurna ke dalam rumah. Di malam harinya, Anda bisa menggunakan cahaya putih sebagai penerang ruangan. Tempat lampu juga perlu dipilih yang sesuai dengan konsep minimalis. Tatakan lampu berbentuk kotak dan berwarna gelap akan sempurna.

4. Pemanis ruangan

Meski dinamakan minimalis, keberadaan hiasan untuk mempercantik ruangan juga diperlukan. Pilihlah hiasan yang berhubungan dengan alam seperti batu-batuan dan bunga asli. Keberadaan hiasan alami ini akan menyatukan ruangan dengan lingkungan sekitarnya. Yang perlu diingat, jangan terlalu banyak meletakkan aksen hiasan ini agar tidak menimbulkan kesan berantakan di dalam rumah.

5. Cermin dan kaca

Penggunaan cermin dan kaca juga dinilai efektif untuk memberikan kesan luas di dalam ruangan. Pilihlah bahan kaca berkualitas terbaik karena ini berhubungan dengan keamanan Anda sekeluarga di dalam rumah. Letakkan juga cermin berukuran besar di ruang makan untuk menambah kehangatan menikmati makanan di sini.

6. Ciptakan taman

Siapa bilang desain rumah minimalis tidak butuh taman? Untuk membuat sebuah taman, gunakan tanaman-tanaman khas tropis dan gurun agar pertumbuhannya relatif lambat. Anda bisa menggunakan bambu china, kaktus, cemara, dan sebagainya.