Ruangan
May20

6 Tips Mendekorasi Desain Mushola di Rumah Mungil

Apakah anda membutuhkan tips mendekorasi desain mushola di rumah mungil? Sebagai umat muslim, tentunya kita ingin menciptakan suasana rumah yang bernuansa agamis dan mendidik anak-anak untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan membuat ruangan yang khusus ditujukan untuk mushola di dalam rumah.

Namun, masalah baru muncul ketika kita dihadapkan pada luas interior yang kecil dan sempit. Apalagi untuk rumah mungil yang notabene mempunyai bidang yang sangat terbatas. Akibatnya mushola dirancang ala kadarnya dan tidak menarik, sehingga terkadang anda sekeluarga pun malas berlama-lama di ruangan ini.

desain-mushola-di-rumah-mungil.jpg

Contoh Desain Mushola di Rumah Mungil

Ada tips-tips khusus yang bisa digunakan dalam mendekorasi desain suatu mushola. Apa saja?

1. Pastikan Ukuran Ruangan Memadai

Paling tidak ukuran mushola di dalam rumah yang ideal adalah 2×2 meter. Ukuran ruangan seperti ini memungkinnya untuk menampung jamaah sebuah keluarga kecil yang terdiri atas ayah, ibu, dan seorang anak. Namun jika anda ingin memasukkan perabotan ke dalam mushola, luas ruangan harus diperlebar lagi agar tetap nyaman.

2. Perhatikan Arah Mushola

Sesuaikan bentuk mushola dengan arah menuju kiblat. Usahakan ruangan ini tepat menghadap ke kiblat agar pemanfaatan bidangnya lebih efektif. Jika memungkinkan anda bisa memasang peredam suara agar aktifitas sholat anda sekeluarga menjadi lebih tenang dan khusyuk.

3. Buat Ruangan Lebih Tinggi

Supaya suasana di dalam mushola terasa lapang, anda dapat menggunakan area vertikal sebagai bidang desain. Bangun dinding ruangan minimal 2,7 meter ke atas dan hiasi dengan motif garis-garis tegak lurus. Perkuat kesan ruangan yang tinggi dengan mengaplikasikan lantai berwarna cerah, berdesain sederhana, dan mudah dibersihkan.

4. Pasang Rak-rak Gantung

Untuk mengakomodasi kebutuhan media penyimpanan di mushola, sebaiknya anda memasang rak-rak gantung yang ditempelkan di dinding ruangan. Model rak ini membuatnya tidak memakan bidang horisontal sehingga luas ruangan tetap terjaga. Pasang rak-rak ini di area yang mudah dijangkau dan posisinya tidak mengganggu konsentrasi sholat. Hindari menempatkan meja atau lemari meski berukuran kecil karena bakal menyempitkan ruangan.

5. Pilih Warna yang Dingin

Warna-warni yang berjenis dingin ampuh untuk menciptakan kesan lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Terapkan satu sampai dua warna cat supaya interior tampak dinamis. Pilih kelir yang menyejukkan mata, seperti putih salju, krem, hijau muda, dan biru langit.

6. Hadirkan Pencahayaan yang Terang

Untuk mendukung semua kegiatan di mushola, hadirkan pencahayaan dari lampu yang bersinar terang. Hal ini akan membuat kondisi seluruh sudut ruangan terlihat jelas. Lampu LED masih menjadi rekomendasi kami sebab mampu menghasilkan cahaya yang kuat tetapi tidak menyilaukan mata.