Ruangan
Dec30

6 Tips Membuat Taman Kering Indoor yang Asri

Pada dasarnya, langkah-langkah membuat taman kering sama seperti membuat taman biasa. Yang membedakan adalah anda perlu memperhatikan kembali tingkat kecukupan cahaya, jenis tanaman yang dipelihara, dan jumlah unsur air di dalam taman tersebut. Selain taman mudah dirawat, kelebihan lain dari taman kering adalah bisa dihadirkan dalam lingkungan dengan karakteristik yang bagaimanapun.

Desain

desain-taman-kering.jpg

Untuk membuat taman kering, langkah pertama anda perlu menentukan desain taman yang akan diusung. Karena tampilannya yang sederhana dan tegas, taman kering ini paling cocok bila diaplikasikan di rumah bergaya modern dan minimalis, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa juga diaplikasikan di konsep hunian lainnya. Dengan menyesuaikan konsep taman dan gaya rumah, kehadiran taman kering tidak akan mengacaukan suasana, malahan mampu memperkuat pesona rumah secara keseluruhan. Perhatikan contoh gambar di atas.

Tanaman

tanaman-taman-kering.jpg

Tumbuh-tumbuhan yang tepat dipelihara di taman kering memiliki daya tahan yang kuat. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan menghadirkan taman ini yang notabenenya ditaruh di dalam rumah sehingga minim cahaya. Beberapa jenis tanaman yang kami rekomendasikan seperti Sansiviera, Sukulen, dan Bromelia. Untuk tumbuhan utamanya kebanyakan memakai pandan bali atau tanaman patah tulang. Bahkan berbagai jenis kaktus pun tampak begitu indah menghiasi taman kering ini.

Bebatuan

taman-kering-dengan-bebatuan.jpg

Berbagai jenis batu juga umum ditampilkan sebagai aksesoris sekaligus pelengkap dekorasi taman. Anda bisa menggunakan aneka jenis batu alam seperti batu koral, batu candi, dan batu paras. Selain menghamparkannya begitu saja, cobalah menyusun batu-batu ini membentuk ornamen kolam air. Bisa juga dengan menambahkan kayu kering untuk meningkatkan kesan alami taman sehingga terlihat lebih dinamis.

Pencahayaan

pencahayaan-taman-kering.jpg

Selain sebagai penerang taman, pengaturan pencahayaan pada taman kering lebih ditujukan untuk memperindah suasananya. Oleh sebab itu, penataan cahaya ini sangat menentukan penampilan suatu taman kering. Berbagai jenis lampu sorot bahkan begitu cantik menyinari taman. Anda bisa memakai cahaya putih untuk taman bernuansa modern, sementara cahaya keemasan bagus untuk taman yang bergaya elegan dan romantis.

Media Tanam

media-tanam-taman-kering.jpg

Tidak ada perbedaan mencolok antara media tanam yang digunakan untuk taman kering dan taman biasa. Keduanya sama-sama memakai tanah berhumus yang subur. Begitupun dengan jumlah dan ketebalan media tanam, tidak ada perlakuan khusus yang harus anda perhatikan.

Perawatan

perawatan-taman-kering.jpg

Perawatan taman menjadi aspek yang sangat penting dan harus dilakukan dengan hati-hati untuk menjaga pesona taman rumah dapat terus bertahan. Terutama dalam hal penyiraman tanaman, sebaiknya tidak dilakukan terlampau sering sebab tanaman untuk taman kering umumnya bersifat lebih tahan air. Letaknya yang berada di lingkungan minim cahaya juga turut menyebabkan penguapan pada tumbuh-tumbuhan ini otomatis berkurang. Sebaliknya, penyiraman yang terlalu sering justru bisa menyebabkan tanaman gampang membusuk.