Ruangan
Jun13

6 Tips agar Interior Rumah Terlihat Lebih Terang

Bagaimana tips agar interior rumah mungil terlihat lebih terang? Pada dasarnya, interior akan tampak semakin terang jika cahaya matahari yang masuk ke rumah tersebut lebih optimal. Jadi, kunci utama untuk membuat rumah gelap menjadi terang adalah membangun bukaan-bukaan seperti jendela, skylight, dan lubang ventilasi dalam jumlah yang lebih banyak.

tips-agar-interior-rumah-terlihat-lebih-terang.jpg

Contoh Interior yang Terang

Akan tetapi, ukuran rumah mungil yang terbatas memaksa pemiliknya untuk mencari cara alternatif selain membuat bukaan-bukaan guna meningkatkan kecerahan huniannya. Beruntung, kami mempunyai ide-ide agar interior rumah yang mungil tersebut terlihat lebih terang daripada sebelumnya. Apa saja?

1. Gunakan Cat Dinding Berwarna Terang

Cat-cat dinding yang berwarna terang sangat efektif dipakai untuk menciptakan kesan interior yang lebih cerah. Pasalnya, warna ini mampu memantulkan berkas cahaya, bukan menyerapnya. Anda bisa mengaplikasikan warna putih dengan nuansa yang berbeda agar tidak membosankan, misalnya putih kebiruan, putih kemerahan, putih kehijauan, putih kekuningan, atau putih kecokelatan. Pilih nuansa putih yang paling cocok dengan karakter anda sekeluarga dan karakteristik bangunan rumah. Selain dinding, jangan lupa terapkan warna keputih-putihan ini pada lantai dan plafon juga.

2. Hias Dinding dengan Pajangan yang Menyenangkan

Hiasan-hiasan dinding yang memiliki pesona menyenangkan juga sangat efektif membuat interior terasa lapang. Selain itu, hiasan tersebut juga mampu meningkatkan kecerahan interior lewat panoramanya yang tampak indah. Sebagai contoh, anda bisa memajang lukisan-lukisan bertemakan padang rumput yang asri atau pemandangan lautan yang luas. Sebisa mungkin, hindari menggantungkan lukisan-lukisan yang bernuansakan kelam dan suram.

3. Pilih Lemari Tanpa Pintu

Tahukah anda, lemari tanpa pintu bisa menambah kedalaman suatu ruangan. Sehingga ruangan tersebut akan terlihat lebih luas berkat pemandangan ruang semu yang dihasilkan dari dalam lemari. Untuk memaksimalkan kesan terang yang ditimbulkannya, isilah lemari dengan barang-barang yang berwarna putih atau transparan.

4. Pasang Cermin yang Berukuran Besar

Cermin bersifat memantulkan cahaya sehingga sanggup menjadikan interior terlihat lebih terang. Suatu ruangan akan dipenuhi cahaya yang padang ketika anda memasang cermin berukuran besar di salah satu dindingnya. Di samping itu, cermin juga sangat ampuh untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dibandingkan dengan ukuran sebenarnya.

5. Terapkan Keramik Bergaya Subway

Keramik-keramik yang bergaya subway juga mampu mencerahkan interior rumah. Hal ini dikarenakan finishing keramik tersebut lebih mengkilap ketimbang model keramik yang lain. Cobalah memilih keramik yang berwarna keputih-putihan atau keabu-abuan, lalu aplikasikan di ruang tamu, ruang keluarga, atau ruangan publik lainnya.

6. Penuhi Interior dengan Perabotan Akrilik

Akrilik dikenal sebagai bahan material yang bersifat transparan. Berkat sifatnya yang tembus pandang ini, perabotan akrilik sanggup mengesankan kelapangan karena bisa ditembus cahaya. Di samping itu, furnitur akrilik juga dapat memantulkan cahaya dan mencerahkan suasana interior. Perabotan akrilik paling cocok diaplikasikan dalam bentuk meja, rak, dan patung.