Ruangan
Nov7

6 Ide Mendesain Kamar Mandi yang Berukuran Kecil

Memiliki kamar mandi ukuran kecil bukan berarti anda tidak bisa menciptakan kenyamanan di dalamnya. Justru dengan ukurannya yang sempit itulah memungkinkan kita lebih mudah untuk mendekorasi kamar mandi tersebut sesuai keinginan. Apalagi bila anda menyadari bila fokus utama dalam mendesain ruangan sempit adalah membuatnya tampak lebih besar. Tentu hal ini akan terasa semakin mudah.

Biar lebih jelas, berikut ini Arafuru ungkapkan teknik-tekniknya :

1. Warna yang terang

kamar-mandi-ukuran-kecil.jpg

Tahukah anda, hanya dengan menerapkan warna cat dinding yang tepat, kamar mandi di rumah anda bisa tampak lebih lapang. Paling sering, putih menjadi primadona untuk ruangan seperti ini. Namun jika anda kurang suka dengan warna putih, anda bebas memilih warna lain yang tampak cerah seperti kuning, hijau muda, biru muda, dan krem.

2. Pencahayaan putih dan terang

desain-kamar-mandi-ukuran-kecil.jpg

Guna menciptakan kamar mandi yang terasa lebih luas dari ukuran sebenarnya, singkirkanlah sejenak keinginan untuk membuat ruangan tampak elegan. Pasalnya, cahaya kuning yang biasa digunakan untuk menghadirkan nuansa glamor ini justru akan membuat kamar mandi terlihat redup. Pun begitu dengan aksesoris seperti chandelier malah tampak rumit. Cobalah memasang lampu dengan model sederhana seperti lampu plafon dan lampu dinding. Jangan lupa, gunakan lampu berjenis LED dengan cahaya putih yang pas agar suasananya lebih segar.

3. Cermin ukuran besar

inspirasi-kamar-mandi-ukuran-kecil.jpg

Tak hanya di ruang tamu mungil, cermin juga bekerja baik di kamar mandi yang memiliki ukuran kecil. Sifatnya yang mampu memantulkan cahaya dan bayangan, seketika akan menambah dimensi ruangan. Jangan tanggung-tanggung dalam memasang cermin ini. Semakin besar cermin yang anda pasang di dinding, manfaatnya pun kian bertambah.

4. Wastafel tanpa lemari

teknik-kamar-mandi-ukuran-kecil.jpg

Model wastafel tanpa lemari di bawahnya ini sebenarnya merupakan salah satu tren kamar mandi di tahun 2015 mendatang. Bentuk wastafel tersebut tampak sederhana dengan area bawah yang dibiarkan terbuka. Hal ini memungkinkan lantai ruangan tetap terlihat, sehingga kesan ruangan yang tercipta pun menjadi lebih besar.

5. Penempatan alat mandi yang tidak memakan ruangan

tips-kamar-mandi-ukuran-kecil.jpg

Sebaiknya, peralatan mandi diletakkan di sisa-sisa ruangan yang terbentuk setelah anda memasang perabotan utama. Misalnya, ruang di atas kloset dan di pojok-pojok ruangan, daripada dibiarkan kosong gantungkan rak-rak kecil. Untuk trik yang lebih kreatif, anda dapat membuat cerukan di dinding sebagai rak peralatan mandi.

6. Gantik bak dengan shower

kamar-mandi-ukuran-kecil-tanpa-shower.jpg

Shower menjadi solusi yang tepat untuk menghemat ruang di kamar mandi. Bandingkan dengan bak mandi (bathub) yang akan memakan lebih dari sepertiga ruangan. Shower ini tidak mengambil ruang sama sekali karena diletakkan di dinding yang tinggi. Agar kamar mandi semakin lega, sebaiknya tirai shower juga tidak perlu dipasangkan.