Ruangan
Feb17

5 Trik Merenovasi Kamar Mandi Ukuran Kecil

Bagaimana cara merenovasi kamar mandi ukuran kecil? Selain sebagai ruangan membersihkan diri, saat ini juga tengah tren fungsi kamar mandi untuk tempat relaksasi. Kamar mandi yang nyaman, bersih, dan lapang dinilai mampu memberikan stimulasi tertentu sehingga penghuninya bisa merasa lebih tenang.

merenovasi-kamar-mandi.jpg

Kamar Mandi ukuran Kecil

Akan tetapi, ukuran kamar mandi dengan luas terbatas kadang-kadang menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah. Desainer harus bisa membuat interior kamar mandi tersebut tetap terasa lega walaupun sebenarnya ukurannya sempit. Di bawah ini ide-ide dari Arafuru yang bisa anda coba :

1. Terapkan Konsep Minimalis

Gaya minimalis adalah suatu konsep interior yang menitikberatkan pada kegunaan. Ciri-cirinya yaitu tampilan interior yang bersih, berfungsi dengan baik, dan suasana yang lega. Oleh karena itu, konsep ini tepat sekali jika diterapkan pada ruangan yang mempunyai ukuran kecil, termasuk untuk kamar mandi. Diharapkan, penggunaan gaya ini mampu menghadirkan kamar mandi yang seolah-olah lebih luas dari ukuran sebenarnya.

2. Gunakan Peralatan yang Sesuai Kebutuhan

Kebanyakan kamar mandi berukuran kecil hanya diisi dengan shower, kloset duduk, dan lemari kecil. Hal ini bertujuan untuk menghemat tempat seefisien mungkin, sehingga ruang gerak yang tersisa masih cukup banyak. Sebaliknya, hindari penggunaan perabotan yang menghabiskan banyak tempat seperti bathtub dan bak mandi.

3. Pemakaian Warna Cat Bernuansa Cerah

Warna dinding juga cukup berpengaruh dalam menciptakan interior kamar mandi yang lebih lega. Pada dasarnya, warna cat yang cerah seperti putih, hijau pupus, kuning kunyit, dan biru laut sangat cocok diterapkan pada ruangan yang kecil. Dengan memanfaatkan warna yang senada, buatlah seakan-akan lantai, dinding, dan plafon kamar mandi menyatu dalam garis lurus.

4. Goreskan Motif Garis-garis Horisontal

Untuk membuat ruangan terasa lebih luas atau lebih tinggi, salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan motif garis-garis pada dinding. Khusus ruangan yang berukuran kecil, paling tepat bila anda menghadirkan corak garis horisontal. Motif seperti ini manjur menghadirkan suasana ruangan yang lebih lapang. Panduan mengecat dinding dengan motif garis-garis bisa anda pelajari di sini.

5. Pencahayaan Lampu yang Terang

Kamar mandi kecil membutuhkan pencahayaan yang terang agar interiornya tampak cerah. Sinar dari lampu berwarna keputih-putihan tepat sekali untuk ruangan yang sempit. Gunakan sebuah lampu utama ditambah dengan lampu aksen untuk memperindah suasana di dalam kamar mandi.