Ruangan
Sep3

5 Tips Merancang Taman Depan Rumah yang Mudah Dirawat

tips-merancang-taman-depan-rumah.jpg

Adanya taman di depan rumah tentu akan menambah keasrian tempat tinggal kita. Desain taman yang dihuni oleh berbagai jenis tumbuhan hias yang menyejukkan mata. Akan tetapi, anda harus ingat merawat taman harus dilakukan secara rutin agar tumbuhan di dalamnya mampu hidup subur dan tidak terganggu. Taman yang tidak dipelihara akan nampak seperti kebun yang tak terawat.

Jika anda menginginkan sebuah taman indah yang butuh tidak begitu banyak perawatan, cobalah tips-tips di bawah ini :

1. Pertimbangkan Lagi untuk Menanam Rumput

Tahukah anda, dari sekian banyak jenis tanaman, rumput hiaslah yang menuntut perawatan paling rutin. Rumput perlu dipangkas secara berkala mengingat pertumbuhannya yang relatif cepat. Rumput juga mudah mati akibat terik matahari dan genangan air hujan. Jika anda menginginkan taman dengan perawatan yang sederhana, pertimbangkan lagi opsi menanam rumput hias di taman anda.

2. Pelihara Tanaman Khas Daerah

Simple saja, tanaman yang berasal dari daerah anda tentu sudah mampu beradaptasi dengan baik. Sehingga tanaman seperti ini tidak memerlukan lagi perawatan yang intens layaknya tanaman hias impor. Meskipun dengan cara ini membuat keunikan taman anda tidak terlalu nampak, tetapi anda masih bisa menonjolkan segi keindahannya.

3. Pilih Tanaman yang Berumur Lama

Seperti makhluk hidup lainnya, tanaman akan mengalami kematian jika usianya sudah terlalu tua. Jika anda ingin pesona desain dari taman yang anda ciptakan bisa bertahan lebih lama hingga anak cucu, coba tanamlah tumbuh-tumbuhan yang memiliki usia cukup lama. Tanaman seperti ini biasanya memiliki ciri berbatang kayu yang keras. Sebaliknya, hindari memelihara tanaman buah yang berbatang lunak seperti melon dan semangka. Sebab, jika telah memasuki masa panen, maka tanaman-tanaman tersebut akan mati.

4. Pelihara Berbagai Jenis Tanaman

Jika anda pandai mengatur posisi tanaman, taman yang dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan justru akan terlihat sangat menarik. Bayangkan anda bisa menikmati keindahan bunga kenop, mawar, melati, anggrek, dan lainnya yang mekar secara bergantian. Jangan lupakan juga kesempatan anda menikmati buah-buahan segar yang bisa dipanen secara bergiliran. Memelihara tanaman-tanaman pengusir hama seperti daun mint, kantung semar, lavender, dan zodia juga sangat kami sarankan karena bisa menjadi pelindung bagi tanaman-tanaman di sekitarnya.

5. Taman yang Ramah Lingkungan

Tujuan utama anda membangun taman tentu ingin menerapkan pola hidup ramah lingkungan bukan? Kalau iya, hindarilah menggunakan pupuk kimia di taman anda karena bisa merusak sifat tanah. Selalu gunakan pupuk kompos dan pupuk kandang agar tanah di taman anda semakin subur. Jika memungkinkan, anda bisa menampung air hujan untuk digunakan saat menyiram tumbuh-tumbuhan di seluruh taman.