Ruangan
May22

5 Tips Mendesain Taman Minimalis

tips-mendesain-taman-minimalis.jpg

Tips mendesain taman minimalis bisa Anda lakukan dengan mudah khususnya jika Anda seorang pencinta tanaman. Di dalam melakukannya, terdapat sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan. Di antaranya adalah memilih tanaman hias yang sesuai dengan gaya minimalis serta merawatnya secara rutin.

Konsep minimalis sangat populer di masyarakat perkotaan. Desain ini dinilai cocok diterapkan di daerah yang padat penduduknya. Selain bentuknya yang unik, konsep minimalis juga dinilai lebih menghemat ruangan karena seluruh sudut digunakan secara maksimal.

Tips Mendesain Taman Minimalis

Apabila Anda ingin menciptakan dekorasi minimalis, khususnya di taman rumah, silahkan mencoba tips-tips berikut ini :

1. Menciptakan fokus

Dalam membuat desain taman minimalis, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah adanya objek utama sebagai penghidup suasana taman. Anda bisa mencoba meletakkan sebuah air mancur, patung, ataupun pot besar yang ditanami tumbuhan berbunga. Bisa juga dengan memberikan susunan bebatuan alam yang dibentuk sedemikian rupa sebagai fokus utama mendesain taman minimalis.

2. Memilih cat dinding cerah

Selain mendesain lokasi taman, Anda juga perlu memperhatikan suasana di sekitarnya. Jika ukuran luas taman Anda termasuk ke dalam kategori mungil, cobalah untuk memberikan cat warna cerah pada bagian dinding di sekitar taman. Pemilihan warna cat yang cerah akan menimbulkan kesan visual sehingga taman terasa lebih luas.

3. Memilih ornamen pendukung

Sebuah taman dikatakan memiliki konsep minimalis apabila suasana di dalamnya terlihat bersih dan rapi. Selain itu, kebanyakan konsep desain ini cenderung lebih irit dalam memainkan objek di taman. Jika Anda ingin meletakkan suatu benda sebagai penghias, usahakan untuk memilih benda yang mempunyai corak vertikal atau horizontal dan memiliki permukaan yang keras dan rata. Contohnya adalah paving block, kerikil pipih, grass block, dan lain-lain.

4. Memilih tanaman hias

Tips mendesain taman selanjutnya adalah menentukan tumbuh-tumbuhan yang akan ditanam. Tanaman merupakan objek penting dalam menciptakan sebuah taman. Memilih tanaman bergaya minimalis akan menimbulkan desain minimalis di taman lebih terasa. Berikut ini 3 jenis tanaman yang tidak hanya bergaya minimalis tetapi juga mampu menyerap polusi udara seperti racun, asap rokok, dan karbondioksida :

  1. Tipe Formaldehida : jenis tanaman ini mampu menyerap berbagai polusi udara yang disebabkan oleh penggunaan bahan pembersih, partikel dari furnitur dan karpet, asap rokok, dan minyak tanah. Contoh tanaman tipe formaldehida yaitu lili paris, sri rejeki, palem, hanjuang, bambu, aglonema, ficus, krisan, azalea philodendron, neprolepis, dan lain-lain.
  2. Tipe Trikhloroetilena : tanaman jenis ini mampu menyerap polusi udara yang disebabkan oleh penggunaan lem, tinta, pernis, dan cat. Contoh tanaman tipe trikhloroetilena adalah bunga krisan, palem bambu, hanjuang, dan lain-lain.
  3. Tipe Benzena : tanaman jenis ini mampu menyerap polusi udara seperti asap rokok, minyak tanah, bensin, deterjen, dan karet. Contoh tanaman tipe benzena adalah sansivera, palem bambu, aglonema, dan lain-lain.

5. Merawat tanaman hias

Setelah tampilan minimalis pada taman impian Anda berhasil diwujudkan, jangan lupa untuk merawatnya agar keindahan taman tetap terjaga. Dalam merawat tanaman hias, Anda perlu memberikan pupuk, menyiram air, serta merapikan daun dan ranting tanaman hias. Apabila Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak mempunyai cukup waktu dalam merawat tanaman, sebaiknya Anda memilih menggunakan tanaman yang pertumbuhannya lambat seperti jenis tanaman tropis. Dengan begitu tips mendesain taman minimalis berhasil Anda lakukan.