Ruangan
Sep27

5 Tips Mendesain Ruang Tamu Ukuran 3×3 Meter

Ruang tamu berukuran 3×3 meter persegi biasanya ada di rumah bertipe 36 dan 48. Tentu ukuran ruangan seperti ini bisa dikatakan sempit. Namun bukan berarti anda tidak bisa menghasilkan ruang tamu yang nyaman. Cobalah tips-tips dari Arafuru berikut ini :

tips-mendesain-ruang-tamu.jpg

1. Tema Ruangan

Ringan dan fleksibel adalah suasana yang tepat untuk ruangan dengan luas terbatas. Suasana ini bisa tercipta dari konsep yang tepat, salah satunya adalah desain minimalis. Konsep desain ini dipilih karena mampu menghasilkan interior yang bersih.

2. Ketahui Ukuran Ruangan dengan Benar

Mengetahui ukuran ruang tamu yang anda miliki akan memudahkan anda dalam memilih furniture dan aksesoris. Pastikan anda menggunakan furniture yang proporsional dengan ruang tamu, tidak kebesaran maupun kekecilan. Furniture yang terlalu besar akan membuat ruangan terasa sesak, sebaliknya furniture yang kecil akan mengosongkan ruangan.

cara-mendesain-ruang-tamu.jpg

3. Selalu Pilih Furniture Multifungsi

Jenis furniture multifungsi merupakan furniture yang paling tepat untuk ruangan sempit. Furniture seperti ini memiliki lebih dari satu kegunaan sehingga jumlahnya pun bisa ditekan. Salah satu contohnya adalah sofa bed dengan dua atau tiga dudukan. Selanjutnya sofa tersebut dilengkapi dengan meja kopi dan sofa ottoman untuk mempermanisnya.

4. Hiasan Dinding Berdimensi Tipis

Meskipun sempit, ruang tamu akan terasa hambar jika tidak dilengkapi aksesoris. Biasanya hiasan yang juga bakal menjadi focal point adalah televisi. Mengingat saat ini ada TV LED yang berlayar tipis, anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan perangkat elektronik ini.

Usahakan juga anda memasang cermin di dinding ruangan. Dengan cepat, cermin ini akan menghasilkan ruangan yang lebih lega dari ukuran aslinya. Yang tak kalah penting, jangan ketinggalan menambahkan bantal hias dan taplak meja berwarna cerah.

tips-mendesain-ruang-tamu-minimalis.jpg

5. Cat Berwarna Cerah dan Wallpaper Garis-garis

Sebagai langkah terakhir, anda bisa menggunakan cat dan wallpaper sebagai penghias dinding ruang tamu. Pilih cat berwarna cerah yang mampu menyatu dengan desain ruang tamu yang telah dipilih. Untuk interior minimalis, cobalah memadukan warna-warna seperti kuning, hijau, dan oranye dengan putih dan abu-abu. Hindari penggunaan warna yang dramatis seperti hitam, ungu, merah, dan biru tua.

Wallpaper juga sangat pas diaplikasikan pada ruangan kecil. Bahkan, wallpaper bermotif garis-garis horisontal mampu menciptakan kesan ruangan yang melegakan. Gunakan motif garis dengan ukuran yang berselang-seling untuk menghasilkan tampilan modern.