Ruangan
Jun12

5 Tips Menata Rumah Mungil Agar Nyaman

tips-menata-rumah-mungil.jpg

Bagaimana tips menata rumah mungil agar nyaman ditempati? Memiliki rumah berukuran kecil bukanlah sebuah alasan Anda tidak bisa menjadikannya sebagai tempat istirahat yang memenangkan. Ada sejumlah tips bagaimana membuat rumah mungil Anda memiliki suasana menyenangkan dan terlihat lebih luas. Dengan memainkan warna dan pencahayaan, Anda pun bisa mendapatkan rumah idaman Anda.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda ingin menata rumah mungil Anda adalah cobalah untuk berdiskusi dengan seluruh penghuni rumah. Sehingga nantinya akan didapatkan keselarasan yang seimbang antara nuansa rumah yang baru dengan penghuninya. Dan berikut ini 5 tips bagaimana menata rumah mungil Anda dengan benar :

1. Manfaatkan Ruangan Rumah secara Efisien

Maksud dari memanfaatkan ruangan rumah secara efisien adalah tempatkan benda-benda senada di dalam ruangan yang tepat. Selain itu, usahakan juga untuk memanfaatkan ruangan-ruangan kosong yang strategis, seperti di bawah tangga, sebagai tempat meletakkan barang perkakas.

2. Perhatikan Pencahayaan di dalam Rumah

Ada dua jenis pencahayaan yang biasa digunakan di dalam ruangan. Pencahayaan pertama adalah dengan menggunakan cahaya berwarna putih. Fungsi penggunaan cahaya putih adalah untuk memberikan kesan sebuah ruangan terlihat luas, formal, dan nyaman ditempati. Sedangkan pencahayaan kedua adalah berwarna kuning. Pencahayaan warna kuning digunakan untuk memberikan kesan romantis, hangat, dan alami.

3. Pengaturan Jendela dan Pemilihan Model Kaca

Fungsi utama dari penggunaan jendela berkaca adalah untuk menjaga sirkulasi udara dan cahaya yang masuk di dalam ruangan. Penggunaan jendela dengan kaca yang tepat akan membuat kesan rumah Anda menjadi lebih luas. Gunakan jendela berukuran besar dan model kaca polos tanpa motif agar rumah Anda terasa hangat, nyaman, dan segar.

4. Pemilihan Warna Cat Dinding

Untuk sebuah ruangan mungil, alangkah lebih baik jika Anda memilih jenis warna terang dan hindari penggunaan warna gelap. Penggunaan cat dinding berwarna terang akan memberikan kesan ruangan yang ceria, tanpa batas, dan segar. Sedangkan penggunaan warna gelap akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih sempat. Apabila Anda berniat untuk memasang wallpaper, cobalah untuk menggunakan wallpaper bermotif ringan. Motif-motif seperti garis tipis lebih baik digunakan agar ruangan memberikan kesan lembut di mata.

5. Pemilihan Perabotan dan Furnitur

Perabotan rumah tangga yang digunakan sebaiknya memiliki desain yang sederhana. Pilihlah warna furnitur yang lembut ketika dipandang mata. Hindari penggunaan barang-barang yang terlihat berat dan menumpuk beberapa barang di satu tempat. Jangan lupa untuk memasukkan unsur alam seperti bungan dan tanaman di dalam rumah.