Ruangan
Sep16

5 Tips Menata Kamar Tidur Anak yang Sehat

Tahukah anda, kamar tidur anak yang sehat bisa mencegahnya dari gangguan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)? Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa kamar tidur sangat rawan menjadi tempat berkumpulnya debu. Debu dan kotoran yang menumpuk inilah yang menjadi penyebab utama penyakit ISPA pada anak.

tips-menata-kamar-tidur-anak-yang-sehat.jpg

Oleh karena itu, di samping membersihkan kamar secara rutin, anda juga perlu menyediakan kamar tidur yang aman bagi buah hati. Bagaimana caranya? Berikut tips-tips dari Arafuru.com selengkapnya :

1. Udara Segar

Infeksi saluran pernapasan disebabkan oleh kualitas udara yang buruk. Jadi, agar kamar anak anda terasa segar pastikan aliran udara di dalamnya lancar.

Kamar tidur harus memiliki jendela sebagai ventilasi udara dan cahaya. Jika tidak memungkinkan, gunakan tips-tips yang pernah kami bahas di sini. Bisa juga dengan mendirikan plafon yang cukup tinggi agar kamar terasa sejuk dan lapang.

2. Biasakan Anak agar Tidak Bermain di Kamar

Kebiasaan anak bermain di kamar tidur acapkali meninggalkan kotoran dan debu di ruang pribadinya. Oleh karena itu, biasakanlah anak untuk tidak melakukan hal ini. Buatkan ruangan yang lebih nyaman untuknya bermain. Yang tak kalah penting, pastikan anak terlindung dari asap rokok dan polusi kendaraan bermotor.

3. Pemilihan Furniture

Furniture untuk kamar tidur anak tidak perlu berjumlah banyak. Sebab, setiap furniture tersebut berpotensi menjadi sarang tumpukan debu. Terlebih pada furniture berkolong di mana bagian ini seringkali tak terjamah saat membersihkan kamar tidur.

Selain furniture, hindari juga memasukkan aksesoris yang sering menjadi sarang debu. Beberapa di antaranya karpet, buku, gorden, dan boneka.

3. Kasur Springbed

Dibandingkan dengan kasur berbahan kapuk, springbed lebih aman bagi kesehatan anak. Pada kasur kapuk, helaian kapuk berukuran kecil mudah terbang terkena angin dan bisa masuk ke dalam saluran pernapasan anak. Sebaliknya, kasur springbed tidak mengeluarkan apapun asalkan dirawat dengan benar.

4. Perawatan AC Secara Rutin

Apabila kamar tidur anak anda telah dilengkapi AC, agar AC tersebut bermanfaat baik bagi si kecil, setel lah suhunya minimal 25 derajat C. Selanjutnya, bersihkan kondensor AC tersebut setiap seminggu sekali. Hal ini berguna untuk menjamin kualitas udara yang dihasilkan oleh perangkat pendingin ruangan itu.

5. Ganti Selimut dan Sprei

Selimut dan sprei merupakan sarang debu yang tidak bisa dilepaskan dari eksistensi kamar tidur. Namun anda tidak perlu khawatir, cukup dengan mengganti sprei secara rutin, buah hati anda bisa terbebas dari ancaman penyakit ISMA. Semakin sering kamar dibersihkan, semakin sedikit pula debu-debu yang berada di kamar tidur. Sehingga kamar pun menjadi lebih aman bagi si kecil.