Ruangan
May30

Tips Menata Halaman Rumah

tips-menata-halaman-rumah.jpg

Siapa bilang mendesain pekarangan rumah itu sulit? Cobalah tips menata halaman rumah ini terlebih dahulu. Pada umumnya, mendesain halaman memerlukan ruangan yang luas sehingga lebih leluasa dalam memainkan imajinasi. Namun tidak menutup kemungkinan, warga perkotaan yang mempunyai halaman sempit pun bisa memiliki halaman rumah yang cantik.

Ada berbagai jenis konsep desain halaman rumah modern. Untuk halaman kecil, biasanya halaman dituntut bisa menyatu dengan ruangan sekitarnya. Tipsnya bisa menggunakan ornamen hidup yang sesuai dengan kondisi sekitar. Inilah 5 tips menata desain halaman rumah masa kini:

1. Ciptakan objek utama

Mulailah dengan menciptakan titik fokus utama di ruangan taman. Anda bisa meletakkan air mancur, ornamen patung, taman bunga mini, atau susunan batu alam. Objek utama ini juga berfungsi sebagai konsep tema dari halaman rumah.

2. Gunakan warna natural

Apabila halaman rumah Anda berukuran mungil, cobalah untuk menyesuaikan lingkungan sekitarnya sehingga tampak alami. Pewarnaan cat dinding bisa menjadi poin utama dalam menciptakan lingkungan yang harmonis. Pilih warna cerah dan alami, hindari penggunaan warna gelap karena akan menimbulkan kesan sempit.

3. Merawat dengan hati

Merawat taman bisa menjadi hal yang mengasyikkan. Sembari merapikan halaman, Anda bisa menyegarkan pikiran. Namun apabila Anda memiliki waktu yang super sibuk, pilihlah desain halaman minimalis dengan pepohonan yang lamban pertumbuhannya.

4. Desain minimalis

Desain halaman rumah minimalis memang cocok bagi Anda yang tinggal di komplek perumahan. Selain tidak memerlukan banyak tempat, bersih, dan rapi, desain halaman minimalis pun mudah dalam perawatannya. Satu hal yang terpenting adalah menentukan konsep halaman Anda sehingga terjaga keindahannya.

5. Pemilihan tanaman

Tumbuh-tumbuhan merupakan elemen utama dari sebuah halaman. Karena itulah pemilihan tanaman untuk halaman rumah haruslah tepat. Untuk desain rumah minimalis, penggunaan bambu dan cemara akan sangat pas. Jangan lupa untuk memperindahnya dengan berbagai bunga-bungaan aneka warna seperti mawar, kamboja, lavender, tulip, dan sebagainya.

  • SHARE!

Related Posts