8 Tips Sederhana Ciptakan Model Halaman Rumah Minimalis

Rata-rata orang memimpikan tinggal di sebuah rumah yang mempunyai halaman. Keberadaan halaman bisa melengkapi eksistensi dari rumah tersebut. Rumah akan terasa lebih nyaman jika ada halamannya. Tak peduli apakah halaman tersebut berukuran luas atau sempit, Anda tetap dapat mendesainnya agar tampil menarik dan penuh gaya. Sejatinya halaman di rumah ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat bercocok tanam saja, melainkan juga membuat desain rumah nampak lebih manusiawi.

Bagi Anda yang baru pertama kali menata desain halaman, bukan tidak mungkin Anda bakal mengalami sedikit kesulitan saat mengerjakan proyek ini. Faktanya memang mendesain halaman yang berukuran besar itu relatif lebih sulit daripada halaman yang ukurannya kecil. Untungnya saat ini ada beragam jenis konsep halaman yang bisa kita gunakan. Dengan menentukan konsep utama yang akan diusung sedari awal, maka pekerjaan Anda bakal menjadi lebih mudah. Anda bisa memakainya sebagai acuan.

Ciptakan Objek Utama yang Menarik

Mulailah dengan menciptakan titik fokus utama di halaman tersebut. Ada banyak sekali ide hiasan unik yang bisa Anda gunakan di sini. Contohnya, Anda dapat meletakkan sebuah air mancur, air terjun mini, ornamen patung, taman bunga, kolam ikan, atau susunan batu alam. Objek utama ini penting sekali bagi eksistensi halaman rumah Anda. Tidak hanya membuat halaman nampak menarik, tapi objek utama ini juga dapat berfungsi sebagai konsep/tema dasar dari halaman tersebut. Anda mesti mempertimbangkan dengan matang.

Gunakan Warna Natural agar Lebih Alami

Apabila halaman yang melengkapi rumah Anda memiliki ukuran yang cukup mungil, maka cobalah untuk menyesuaikannya dengan kondisi lingkungan di sekitarnya sehingga keduanya dapat menyatu secara alami. Kali ini pewarnaan cat dinding dapat menjadi kunci utama untuk menciptakan sebuah lingkungan eksterior yang begitu apik dan harmonis. Disarankan untuk memilih warna cat dinding yang cerah dan alami. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan warna-warna yang gelap karena justu akan menimbulkan kesan semakin sempit pada rumah Anda.

Pertimbangkan Konsep Desain Minimalis

Tahukah Anda, desain rumah yang kini sedang booming di Indonesia ialah desain rumah minimalis. Pada dasarnya, konsep rumah minimalis diciptakan dengan menata rumah secara sederhana, berfungsi secara maksimal, dan tetap bergaya. Selain untuk bangunan itu sendiri, desain minimalis juga bisa diaplikasikan ke dalam sebuah halaman. Kelebihan halaman minimalis yaitu tidak memerlukan banyak tempat, bersih, dan rapi, dserta mudah dalam perawatannya. Desain ini layak Anda pilih untuk membuat rumah nampak modern, trendy, dan lebih berkelas.

Pemilihan Tumbuh-tumbuhan Secara Tepat

Salah satu elemen yang harus ada di halaman adalah tanaman. Tumbuhan inilah yang berfungsi sebagai unsur penghias halaman dan penghidup suasana di dalamnya. Tumbuh-tumbuhan merupakan elemen utama dari sebuah halaman. Oleh karena itu, pemilihannya wajib dilakukan secara tepat sesuai desain halaman yang Anda usung pertama kali. Misalnya untuk desain halaman minimalis, penggunaan bambu dan cemara akan sangat pas. Lalu Anda bisa memperindahnya dengan berbagai bunga-bungaan aneka warna seperti mawar, kamboja, lavender, tulip, dan sebagainya.

Pertimbangkan Jenis Tanaman yang Unik

Halaman yang ditumbuhi oleh pohon mangga, rambutan, atau kelengkeng sudah biasa ya. Sering sekali kita menemukan halaman dengan konsep yang seperti demikian. Memang tanaman-tanaman ini tidak cuma berguna sebagai peneduh saja, tetapi buahnya pun dapat dinikmati oleh Anda sekeluarga. Tetapi kalau Anda menginginkan sebuah halaman yang lebih menarik lagi, cobalah untuk menanam tumbuh-tumbuhan yang unik dan anti-mainstream. Rekomendasi kami seperti tanaman tin, kurma, zaitun, tulip, bidara, kiwi, blueberry, dan raspberry. Anda bisa mendapatkan bibitnya di www.tokotanaman.com.

Hamparan Rumput Hijau yang Menyegarkan

Apabila Anda mendengarkan kata halaman rumah, pastinya Anda bakal membayangkan sebuah tempat yang teduh dan asri dengan tanaman yang tumbuh subur serta hamparan rumput yang berwarna hijau menyegarkan mata. Jadi kalau mau halaman rumah Anda memiliki penampilan yang menarik, selain ada tumbuh-tumbuhan di dalamnya, Anda pun perlu membuat sebuah karpet alami dari rumput di halaman tersebut. Anda bisa menanam rumput jepang, rumput golf, rumput gajah mini, rumput swiss, atau jenis rumput yang lainnya. Tapi dibutuhkan perawatan yang lumayan rumit di sini.

Buatlah Sebuah Jalan Setapak dari Batu

Sebagai sentuhan terakhir untuk menata desain halaman, Anda dapat membuat sebuah jalan setapak di salah satu sudut dari halaman tersebut. Misalnya nih, Anda bisa membuatnya di bagian tepi pagar, lalu berbelok ke arah pintu. Sebuah jalan setapak yang berbentuk lurus, langsung menuju ke pintu utama. Atau kalau mau yang lebih menarik lagi, buatlah sebuah jalan setapak yang berkelok-kelok. Tapi apapun itu, jalan setapak tersebut akan terlihat menarik dan unik apabila Anda membuatnya dari susunan batu. Gunakan beberapa batu alam yang disusun dengan cantik.

Rawatlah dengan Sepenuh Hati Ya!

Merawat halaman rumah beserta isinya dapat menjadi pekerjaan yang sangat mengasyikkan manakala Anda melakukannya dengan sepenuh hati. Aktivitas ini bisa menjadi sebuah hiburan pelepas penat yang dapat Anda kerjakan di waktu luang dan akhir pekan. Sembari merapikan halaman tersebut, Anda bisa menyegarkan pikiran dan membuang semua stres di dalam tubuh. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk bergabung. Mulailah dengan menyapu halaman dari sampah dan kotoran, memangkas tanaman biar rapi, dan menyiraminya dengan air yang cukup.