Ruangan
Sep4

5 Tips Membuat Ruang Kerja Ideal di Rumah

tips-membuat-ruang-kerja-ideal.jpg

Membuat ruang kerja ideal di rumah, bagaimana caranya? Di era modern seperti saat ini, bekerja tidak harus dilakukan di kantor. Kita bisa memanfaatkan koneksi internet untuk menghubungkan rumah dengan lokasi kantor.

Akan tetapi, bekerja di rumah tidak seenak yang dikira. Diperlukan ruangan kerja khusus agar kita bisa berkonsentrasi dengan pekerjaan dan tidak terganggu dengan kondisi di dalam rumah.

Kali ini, Arafuru akan berbagi rahasia membuat ruang kerja yang ideal :

1. Hadirkan Tanaman di Dekat Meja

Seperti kita ketahui, warna hijau yang terlihat segar membantu meningkatkan daya kreatifitas kita. Karena itu, jika anda ingin semangat bekerja anda terus membara, cobalah meletakkan tanaman indoor di dekat meja kerja anda. Bayangkan tanaman tersebut mampu merefresh mata yang mulai jenuh dengan cepat. Menggeser meja di dekat jendela yang dipenuhi oleh pepohonan juga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mewujudkan hal ini.

2. Desain Bergaya Natural

Tahukah anda, pada hakikatnya manusia akan merasa nyaman jika berada di lingkungan terbuka. Anda bisa membuktikan pendapat ini dengan mengganti desain ruangan yang sebelumnya terlihat formal, dengan desain bergaya natural. Dan rasakan perbedaannya. Kesan natural akan menciptakan suasana kerja yang rileks, tidak kaku, dan sangat menyenangkan.

3. Atur Pencahayaan dengan Benar

Cahaya berperan penting dalam ruangan karena sangat membantu kita dalam memperjelas apa yang akan dikerjakan. Pastikan sinar yang ada di sekitar meja anda memiliki tingkat pencahayaan yang baik, tidak redup dan tidak silau. Sangat kami rekomendasikan untuk menambahkan lampu meja sebagai pelengkap lampu ruangan. Jangan lupa juga, maksimalkanlah jumlah cahaya alami matahari yang masuk ke ruangan. Kenapa? Sebab, sinar matahari ini akan membantu anda agar tidak mudah stres dengan tumpukan pekerjaan yang tengah dihadapi.

4. Pastikan Ruangan Terasa Nyaman

Semakin rendah tingkat stres yang anda rasakan, semakin tinggi pula performa anda dalam menyelesaikan tugas-tugas dengan tuntas. Cobalah menghadirkan sesuatu yang anda sukai di ruangan, seperti foto keluarga, piagam penghargaan, koleksi, atau benda-benda penuh kenangan. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengurangi stres.

5. Jangan Sampai Keliru!

Kebanyakan orang salah kaprah dalam menambahkan aksesoris ke dalam ruang kerja. Misalnya saja dalam memilih lukisan. Kami sangat menyarankan untuk memilih lukisan yang beraliran naturalisme karena mampu meningkatkan imajinasi yang kita miliki. Sebaliknya, hindarilah memasukkan lukisan abstrak, sebab lukisan ini justru akan terlihat kontras dan terkadang malah meningkatkan stres.