Ruangan
Apr15

5 Tips Asyik Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tempat bermain anak di rumah dibuat supaya buah hati anda selalu merasa betah tinggal di rumah. Ruangan ini berfungsi sebagai fasilitas pendukung kehidupan anak-anak agar bisa belajar sambil bermain. Adanya ruangan bermain khusus juga akan memudahkan anda dalam mengawasi si kecil dan meningkatkan hubungan keakraban antara orangtua dan anak.

tempat-bermain-anak.jpg

Tempat Bermain Anak

Untuk membuat sendiri area bermain di rumah anda, cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Mulailah dengan menentukan ruangan mana yang ingin dijadikan sebagai area bermain si kecil. Rekomendasi kami, pilihlah ruangan yang terletak di tengah-tengah rumah dan sering dilewati. Tujuannya supaya anak-anak bisa bermain dengan riang di bawah pengawasan seluruh penghuni rumah. Hindari membuat tempat bermain di pojok rumah, sudut ruangan, atau ruangan-ruangan yang jarang digunakan.
  2. Agar suasana di dalam ruangan terasa ceria, cobalah aplikasikan cat dinding dengan warna-warni yang cerah, seperti kuning, jingga, hijau, merah, dan biru. Tempelkan juga beberapa stiker tokoh kartun dan animasi untuk memperkuat tema ruangan bermain yang menyenangkan. Sebaliknya, hindari menempelkan wallpaper dinding di tempat bermain ini.
  3. Berikan permainan yang memang sesuai dengan usia buah hati anda. Pastikan permainan tersebut aman dan tidak berisiko mencelakakan si kecil. Hindari memilih permainan yang berukuran terlalu besar karena akan memakan ruang yang begitu banyak. Biarkan ruang kosong tetap tersedia dalam jumlah yang cukup, sebagai tempat pergerakan anak-anak.
  4. Minimalkanlah penggunaan wahana permainan yang berjenis bongkar-pasang. Pastikan mainan tersebut sudah terpasang dengan tepat sesuai prosedurnya. Pengawasan orang tua sangat dibutuhkan agar anak-anak tetap aman.
  5. Agar si kecil mau membereskan mainan-mainanya, sediakanlah lemari penyimpanan khusus ke dalam ruangan. Anda bisa memakai rak-rak buku ataupun kotak besar sebagai wadah penyimpanan mainan ini. Disarankan, biasakanlah anak-anak anda merapikan dan merawat sendiri seluruh mainan kepunyaannya.