Ruangan
Nov7

5 Tips agar Kamar Mandi di Rumah Lebih Aman

kamar-mandi-aman.jpg

Bagaimana caranya agar kamar mandi aman bagi seluruh penghuni rumah? Keamanan merupakan faktor paling krusial yang harus diperhatikan saat anda membangun kamar mandi. Kondisinya yang selalu lembab menyebabkan lantai kamar mandi ini licin dan tentu berbahaya karena bisa menyebabkan siapapun terpeleset jatuh. Pun begitu dengan genangan air yang juga tak kalah berbahayanya jika tiba-tiba terjadi hubungan listrik arus pendek.

Demi memastikan kamar mandi di rumah anda selalu aman, ikuti lima tips dari kami berikut ini :

1. Tempatkan Peralatan Mandi Elektronik di Wadah Tertutup

Kebanyakan kamar mandi saat ini dirancang dengan konsep modern, di mana banyak menggunakan peralatan mandi elektronik. Apabila anda sembarangan dalam menaruh alat-alat ini, dikhawatirkan hubungan arus pendek yang terjadi tiba-tiba akan sangat berbahaya bagi anda karena posisinya berada di dalam lingkungan yang basah. Agar hal buruk ini tidak menimpa anda, sebaiknya seluruh peralatan mandi disimpan rapi dalam lemari tertutup agar terlindung dari air. Pastikan juga penempatan kotak ini berjauhan dengan bak mandi.

2. Pasang Bantalan di Lantai Bathtub dan Shower

Bagian lantai bathtub dan shower paling sering ditumbuhi lumut. Akibatnya, permukaan lantai di bagian ini pun gampang sekali licin. Selain menyikatnya secara teratur, anda bisa melindunginya dengan memasang bantalan karpet untuk mengurangi risiko tergelincirnya kaki. Agar lebih menarik, sesuaikan warna bantalan stiker ini dengan warna lantai.

3. Pastikan Keset Senantiasa Kering

Keset juga menjadi salah satu penyebab tergelincirnya seseorang di area kamar mandi. Terlebih bila kain keset tersebut dalam kondisi basah dan tipis. Untuk menghindarinya, rajin-rajinlah anda mencuci keset di rumah dan menjemurnya sampai kering. Hindari menggunakan keset yang sudah tipis dan tak layak pakai. Sebaliknya, pilih keset yang tebal dengan permukaan empuk.

4. Selalu Pantau Suhu Air

Apabila anda menggunakan pemanas air di kamar mandi, sangat penting bagi anda untuk memastikan air tersebut tetap aman. Idealnya, suhu air maksimal yang boleh mengenai kulit manusia adalah 48 derajat celcius. Lebih dari itu, air tergolong berbahaya, terutama bagi kulit anak-anak. Memanaskan air dengan suhu secukupnya juga bisa lebih menghemat pemakaian listrik.

5. Sediakan Lampu Darurat

Lumrahnya di Indonesia, sering terjadi pemadaman listrik mendadak di saat yang tak terduga-duga. Jangan sampai ketika listrik padam, seseorang yang masih berada di dalam kamar mandi mengalami kecelakaan akibat tidak bisa melihat ruangan. Apalagi bagi kebanyakan anak-anak yang notabene langsung merasa takut dengan kegelapan. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk memasang lampu bertenaga baterai demi mengantisipasi kejadian yang tak terduga ini