Ruangan
Nov10

5 Pilihan Model Dekorasi untuk Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan ruangan publik yang menjadi favorit semua anggota keluarga. Di ruangan ini, seluruh penghuni rumah dapat bercengkrama satu sama lain sehingga lebih akrab. Kegiatan yang dilakukan pun bermacam-macam, mulai dari mengobrol, menonton film, berdiskusi, menikmati cemilan, hingga menjadikannya sebagai ruang kerja dadakan

Demi menemukan model dekorasi yang paling tepat untuk rumah anda, tak ada salahnya anda menyimak berbagai inspirasi ruang keluarga berikut ini.

Model Pertama

pilihan-ruang-keluarga.jpg

Pada model pertama ini, dekorasi dibuat dengan memusatkan perhatian ruangan pada focal point. Dekorasi ini banyak diterapkan pada ruang keluarga di Indonesia, di mana televisi paling banyak yang menjadi titik pusatnya. Kemudian, geser peletakan sofa dengan menghadapkannya ke TV. Tambahkan juga karpet di antara sofa dan televisi sebagai tempat duduk tambahan. Dekorasi dikatakan berhasil jika ruangan memungkinkan seluruh anggota bisa menonton acara TV bersama sambil bercakap-cakap.

Model Kedua

pilihan-dekorasi-ruang-keluarga.jpg

Jika anda ingin menciptakan ruang keluarga yang memungkinkan percakapan di dalamnya lancar, coba terapkanlah model kedua ini. Pada model penataan ini, tempat duduk diatur sedemikian rupa membentuk pola lingkaran. Usahakan, di belakang deretan tempat duduk masih tersisa ruang kosong sebagai ruang gerak. Dengan pengaturan seperti ini, seluruh penghuni ruangan bisa bertatap muka sehingga akan menciptakan suasana mengobrol yang lancar. Adanya ruang gerak yang cukup juga memudahkan keluarga beraktifitas tanpa mengganggu pembicaraan orang lain.

Model Ketiga

pilihan-desain-ruang-keluarga.jpg

Apabila anda memiliki anak kecil, tak ada salahnya menghadirkan ruang bermain di dalam ruang keluarga. Malahan, adanya ruang bermain yang tampak hidup ini bisa menjadi focal point interior yang menarik. Anda bisa menyediakan karpet berwarna-warni sebagai pembatas visual, yang kemudian ditambahkan dengan kotak berisi mainan-mainan si buah hati. Atur peletakan sofa menghadap ke ruang bermain dengan meja kopi sebagai partisinya.

Model Keempat

pilihan-model-ruang-keluarga.jpg

Untuk ruang keluarga dengan luas ruangan yang terbatas, anda tidak perlu menambahkan aneka furnitur dan aksesoris. Cukup dengan menghadirkan meja yang menarik, meja pun berubah menjadi focal point yang cantik. Kami merekomendasikan meja berbentuk persegi dan disandingkan dengan sofa yang harmonis. Selanjutnya, sofa-sofa ini ditata menghadap ke semua sisi meja.

Model Kelima

dekorasi-ruang-keluarga.jpg

Terakhir adalah dekorasi ruang keluarga membentuk pola simetris. Seperti yang pernah kami ulas di sini, pola simetris lebih mudah dibuat dibandingkan dengan asimetris. Pada pola simetris, bidang sebelah kanan dan kiri dibuat sama persis sehingga mudah menyeimbangkannya. Sedangkan, pada pola asimetris, peletakan elemen dekorasi dilakukan secara acak dengan tetap memperhatikan aspek keseimbangannya. Adapun pola simetris ini akan melahirkan interior bernuansa formal.