Ruangan
Dec19

5 Ide Mendesain Ruang Perpustakaan Pribadi di Rumah

Bagi anda yang hobi membaca buku, menghadirkan perpustakan di rumah mungkin menjadi salah satu impian anda sejak lama. Terlihat menyenangkan sekali ya jika kita berhasil memiliki sebuah perpustakaan pribadi berisi koleksi buku-buku favorit. Sebenarnya, terbilang mudah kok untuk merealisasikan hal ini. Simaklah tips-tips dari arafuru.com sebagai panduan anda :

Buat Menyatu dengan Ruangan Lain

ruang-perpustakaan-di-rumah.jpg

Untuk menghadirkan ruang perpustakaan yang menarik di rumah, anda tidak harus menyiapkan ruangan tersendiri. Akan lebih mengesankan jika anda menggabungkannya bersama ruangan lain, semisal ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Kelebihan dari penataan model seperti ini, perpustakan menjadi terbuka sehingga anda pun lebih betah menikmati waktu bersama buku-buku kesayangan.

Perhatikan Ventilasi Udara

ventilasi-udara-ruang-perpustakaan.jpg

Usahakan ventilasi udara di ruang baca ini memungkinkan angin bisa mengalir dengan lancar. Selain akan menyejukkan ruangan, hal ini juga berdampak positif pada tingkat kelembaban di dalam ruangan tersebut sehingga buku-buku tetap terjaga dengan baik. Di samping berfungsi sebagai pengatur hawa panas, adanya ventilasi yang memadai juga menjadi celah bagi sinar matahari untuk memasuki ruangan.

Perhatikan Pengaturan Pencahayaan di Ruangan

pencahayaan-ruang-perpustakaan.jpg

Selain pencahayaan alami, kita juga mengenal pencahayaan buatan yang berasal dari lampu. Pengaturan pencahayaan yang tepat memungkinkan anda dapat membaca buku dengan lancar tanpa merasa terganggu. Disarankan pilihlah lampu berjenis neon agar semburat cahayanya tersebar ke seluruh ruangan. Anda bisa menempatkan lampu baca ini di belakang posisi tubuh mengarah ke buku, sehingga sinarnya tidak menyilaukan mata.

Gantungkan Rak Buku pada Dinding

rak-buku-ruang-perpustakaan.jpg

Lemari buku seringkali menyesaki ruangan karena ukurannya terbilang besar. Sebagai gantinya, anda bisa menyediakan rak buku gantung yang menempel kuat di dinding. Agar kondisi buku tetap terjaga, tidak lembab, dan tidak diserang serangga, usahakan pemasangan rak tidak terlalu rapat menempel ke dinding, melainkan ada celah antara dinding dan rak sebagai ventilasi udara. Selain itu, adanya celah juga memungkinkan buku-buku koleksi anda tidak berbau apek.

Hadirkan Tanaman Hias ke Dalam Ruangan

ruang-perpustakaan-tanaman-hias.jpg

Seperti kita ketahui, tanaman adalah penghasil oksigen. Saat anda menaruh tanaman hias ke dalam perpustakaan, ibarat anda menambahkan mesin oksigen yang akan membuat seisi ruangan menjadi lebih segar. Yang terpenting, peliharalah tanaman yang memang ditujukan untuk pertanian indoor dan mudah dirawat. Adanya tanaman juga mampu menciptakan perpustakann yang berkesan natural, santai, dan tidak kaku.

Tertarik mencobanya?