Ruangan
May8

5 Ide Desain Interior Ruang Keluarga

desain-interior-ruang-keluarga.jpg

Saat mendesain ruang keluarga di rumah, kita dituntut mampu mempersatukan suasana hiburan, kenyaman, dan style ke dalam interiornya. Ruang keluarga merupakan ruangan yang “besar”, sebab di sini anggota keluarga rumah biasa berkumpul untuk sekedar membaca buku, menonton tv, mengobrol, dan menikmati waktu bersantai. Oleh karena itu, suasana yang dibangun pada ruangan ini biasanya bersifat informal.

Cara terbaik untuk memutuskan bagaimana tampilan dekorasi yang ingin dibuat adalah mencari tahu terlebih dahulu fungsi dari ruang keluarga di rumah Anda. Berikut ini ide-ide penerapan fungsi ruang keluarga dan bagaimana cara menciptakannya :

5. Ruangan untuk Bersosialisasi

Fungsi utama ruang keluarga adalah sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Di sinilah tempat diskusi antar-keluarga yang paling sering dilakukan. Untuk membangun suasana yang bersifat sebagai ruang bersosial, Anda perlu menciptakan titik fokus ruangan yang matang. Barulah setelah itu, posisikan kursi menghadap ke fokus yang telah dibuat tadi.

4. Ruangan untuk Bersantai

Ruang keluarga biasanya juga dijadikan sebagai ruangan bersantai yang menyenangkan dan tempat melepas penat setelah beraktifitas seharian. Konsep ruangan seperti ini lebih mengarah ke bagaimana kita membuat tempat yang ideal untuk mengobrol dan bersenda gurau dengan suasana ruangan yang rileks. Sedikit rekomendasi dari kami bahwa pemilihan kursi yang nyaman memegang kunci yang paling penting. Selain itu, aksesoris juga diperlukan untuk menciptakan suasana ruangan yang mengundang.

3. Ruangan untuk Mendapatkan Hiburan

Konsep berikutnya adalah menjadikan ruang keluarga sebagai tempat hiburan di dalam rumah. Mulailah dengan meletakkan TV LCD, video player, music player, atau game player. Ruangan juga perlu dilengkapi lemari sebagai tempat meletakan alat-alat elektronik tadi. Selain itu, tempat duduk yang nyaman juga menjadi faktor pendukung ruangan yang ditata secara memusat.

2. Ruangan Bermain Anak

Apabila di rumah Anda ada anak kecil, jadikanlah ruang keluarga sebagai tempat bermainnya. Semua mainan miliknya bisa disimpan di sana dengan menyertakan perlengkapan TV dan video player untuk hiburan anak. Karena mainan anak cenderung mudah berantakan, maka tempatkan rak dan wadah mainan di sudut ruangan.

1. Ruangan Serbaguna

Konsep terakhir adalah ruangan serbaguna. Konsep ini bisa diambil jika Anda merasa ruang keluarga di rumah Anda kurang cocok jika diterapkan salah satu dari ide-ide di atas. Termasuk jika Anda menginginkan ruangan ini memiliki lebih dari satu fungsi. Kuncinya adalah tatalah dekorasi ruangan sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan keluarga.