Ruangan
May6

5 Cara Praktis Menata Ruang Keluarga

Sedang berencana menata ruang keluarga agar terlihat lebih menarik dan nyaman? Ruang keluarga merupakan ruangan interior yang sering dipakai setiap hari. Di sini, anda sekeluarga bisa menikmati waktu bersama menonton TV atau sekadar mengobrol. Karena berfungsi untuk menciptakan keharmonisan di rumah, ruang keluarga harus bisa memberikan kenyamanan bagi siapapun yang di dalamnya.

cara-menata-ruang-keluarga.jpg

Di bawah ini ada lima ide bagaimana menata ruang keluarga dari arafuru.com :

1. Media Penyimpanan

Ruang keluarga biasanya dipenuhi dengan hiasan/pernak-pernik yang mengandung nilai historis. Oleh karenanya, diperlukan media penyimpanan yang cukup agar peletakan aksesoris-aksesoris tersebut bisa terlihat menarik.

Usahakan semua barang bisa tertampung dengan rapi dan menyisakan ruangan kosong yang cukup. Anda dapat memakai tempat penyimpanan berbentuk rak atau lemari besar agar susunan hiasan bisa menyatu. Bisa juga berupa kotak-kotak kecil yang disebar secara apik ke seluruh ruangan.

2. Titik Fokus

Sama seperti menata ruangan yang lainnya, keberadaan titik fokus mampu menarik perhatian seseorang dan menyembunyikan kekurangan ruang keluarga. Bangun titik fokus ini di sisi dinding yang cukup luas. Lebih cantik lagi jika anda memasang wallpaper sebagai background dari focal point ini. Terakhir, pastikan anda bisa menikmati sudut fokus ini dengan leluasa.

3. Partisi Visual

Kadang-kadang, ruang keluarga dibangun di satu ruangan bersama dengan ruang tamu atau ruang bermain. Tentunya, harus ada pembagian yang jelas agar masing-masing ruangan bisa berfungsi dengan baik. Nah, di sinilah manfaat dari partisi visual.

Berbeda dengan partisi berbentuk dinding, partisi ini memanipulasi indera penglihatan sehingga di suatu ruangan bisa tampak seolah-olah terdiri dari beberapa ruangan. Biasanya kami memakai permainan cat dan karpet untuk menciptakan partisi ini. Yang terpenting, suasana antar ruangan jangan sampai terlihat kontras.

4. Furnitur/Perabotan

Jangan pernah memaksakan diri untuk memasukkan sofa besar di ruang keluarga yang kecil. Meskipun sofa bisa muat/masuk, suasana di dalamnya akan terasa sesak.

Saat ini sudah banyak tersedia furnitur-furnitur yang dikhususkan untuk ruangan yang sempit. Sebagai contoh kursi yang ramping, meja panjang berpenampang kaca, lemari yang tinggi, LCD TV, dan lain-lain. Jenis furnitur seperti ini lebih cocok untuk ruangan yang mungil.

5. Cahaya dan Lampu

Cahaya merupakan unsur dekorasi yang wajib diperhitungkan. Melalui cahaya, anda bisa membuat suatu ruangan terlihat seperti yang anda inginkan dengan biaya murah. Misalnya jika anda ingin membuat ruang keluarga seolah tampak lebih besar, maka posisikan lampu di sudut ruangan yang mempunyai daerah kosong banyak dan pasang lampu dinding di sekitarnya.