Ruangan
May23

4 Tips Menata Ruang Mungil Agar Lebih Luas

tips-menata-ruang-mungil.jpg

Memiliki suasana nyaman di ruang kecil kenapa tidak? Tips menata ruang mungil harus Anda coba untuk mendapatkan suasana berkesan di ruangan yang sempit. Banyak orang yang berpendapat, ruangan mungil tidak bisa dimainkan gayanya. Justru sesuatu yang lebih kecil dan lebih ringkas terkadang menjadi solusi yang tepat. Termasuk memainkan gaya pada ukuran ruang 9-an meter persegi.

Ada kemiripan antara mendesain ruang kecil dengan menata rumah mungil, yakni di sini kita dituntut untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan penempatan objek utama yang tepat di dalam ruangan. Sebagai contoh tips menata ruang mungil adalah ruang keluarga nyaman berukuran mini. Baik itu ruang keluarga yang multifungsi sebagai ruang tamu atau ruang makan, maupun ruang keluarga yang berdiri sendiri. Berikut ini 4 faktor yang perlu Anda perhatikan dalam menciptakan desain ruang mungil:

1. Menentukan titik fokus

Menentukan titik fokus di ruang keluarga yang mungil tidak terlalu sulit. Ada cukup banyak benda yang bisa menjadi primadona di ruangan ini. Sebagai contoh yaitu televisi. Anda bisa memulai mendesain ruang mungil dengan menentukan posisi yang tepat untuk letak televisi. Baru kemudian Anda bisa menyentuh perabotan dan furnitur lain sebagai pemanisnya.

2. Memilih benda yang fungsional

Dalam menciptakan suasana yang nyaman di ruang mungil, jangan sampai Anda memenuhi ruangan dengan hiasan. Usahakan memilih suatu benda yang bisa berfungsi maksimal jika ditempatkan di ruangan tersebut. Misalnya sebagai tempat duduk Anda bisa memilih sofa, dua kursi pelengkap, dan meja dari kaca.

3. Menghemat pemakaian tempat

Seperti pada ulasan pembukaan tadi, dalam tips desain ruang mungil Anda bisa menggabungkan dua ruangan yang memiliki fungsi mirip menjadi satu ruangan. Ruang keluarga dan ruang makan yang biasanya dipisahkan dengan dinding, sebaiknya menggantikannya dengan sebuah sofa berukuran besar sebagai pembatasnya. Selain itu, bisa juga membagi ruangan melalui desain ruang yang ditampilkan serta penggunaan warna cat dan furnitur yang ada.

4. Menggunakan perabotan mungil

Hindari penggunaan meja berukuran besar sehingga memakan banyak ruang. Selain dari segi ukurannya, pemilihan furnitur untuk ruang mungil juga bisa melalui segi keunikannya. Misalnya sebagai pengganti sofa besar Anda bisa menggunakannya yang berbentuk hati.