Ruangan
Sep5

3 Tips Membuat Gudang Tempat Penyimpanan Barang

Butuh tips-tips dalam membuat gudang untuk tempat penyimpanan barang? Idealnya, rumah perlu memiliki gudang sebagai ruangan yang digunakan untuk menaruh benda-benda yang sedang tidak terpakai. Ruangannya pun tidak perlu dibuat seindah mungkin karena tidak difungsikan sebagai tempat berkumpul. Aspek yang terpenting justru gudang harus memenuhi syarat ruangan yang sehat agar barang-barang yang disimpan di dalamnya tetap awet.

tips-membuat-gudang.jpg

Gudang

Membuat gudang pada dasarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan ruangan kosong dan mempunyai kapasitas untuk menampung benda-benda dalam jumlah yang cukup banyak. Perhatian harus difokuskan pada penggunaan anggaran yang dapat ditekan seminimal mungkin tanpa mengurangi kualitas dari gudang tersebut.

Kali ini arafuru.com akan membagikan tips-tips seputar pembuatan gudang yang baik dan benar.

1. Tentukan Posisi yang Tepat

Sebaiknya gudang dibuat di posisi rumah bagian paling belakang. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, gudang juga dapat dibangun di rumah bagian depan dan samping asalkan pintu gudang berada di dalam rumah. Hal ini bertujuan agar keberadaan gudang di posisi yang kurang menguntungkan ini tidak mengganggu keindahan dan kenyamanan rumah. Boleh juga memanfaatkan ruang kosong yang ada di tengah-tengah plafon dan atap. Namun pastikan plafon tersebut memang kokoh untuk menopang semua barang yang diletakkan di atasnya. Guna mengoptimalkan semua space yang dimiliki rumah, gudang pun dapat dibuat di area bawah tanah meski memakan biaya yang agak mahal.

2. Gudang Wajib Memiliki Sirkulasi yang Lancar

Faktor sirkulasi berpengaruh besar pada tingkat keawetan barang-barang yang disimpan di dalam gudang. Sirkulasi mencakup sirkulasi udara untuk mengurangi kelembaban dan sirkulasi cahaya untuk mencegah jamur. Gudang yang digunakan untuk menaruh produk-produk kimia harus bersirkulasi udara yang baik supaya tidak gampang panas dan mudah terbakar. Sedangkan gudang yang dipakai untuk menyimpan perabotan kayu wajib mendapatkan sinar matahari langsung agar tingkat kelembabannya terjaga normal. Hal yang sama juga berlaku untuk gudang penyimpanan alat-alat berukuran kecil, di mana perlu rak khusus untuk wadah semua alat tadi biar tidak kotor, rusak, atau berkarat. Jika memungkinkan, atur peletakan baran-barang secara terpisah menurut karakteristik dan sifatnya.

3. Cek Kemudahan Akses Keluar Masuknya

Gudang perlu didesain sedemikian rupa untuk memastikan kemudahan aksesibilitasnya, bukan untuk aspek keindahan semata. Hal ini supaya anda gampang mengambil dan memasukkan barang-barang, serta membersihkan gudang tersebut secara rutin. Gudang cukup dibuat sederhana saja, yang terpenting rapi dan terlindungi dengan baik. Hindari memasang partisi di dalam gudang karena akan menyulitkan anda plus mengurangi daya tampungnya.