Ruangan
Sep28

3 Perbedaan Mencolok Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

perbedaan-ruang-tamu-dan-ruang-keluarga.jpg

Ruang tamu dan ruang keluarga merupakan dua ruangan yang keberadaannya sangat penting di interior rumah. Tapi terkadang, masih ada saja orang yang keliru dalam membedakan keduanya. Sebetulnya perbedaan antara ruang tamu dan ruang keluarga ini cukup mencolok. Apa saja?

1. Posisi

Pembeda pertama dari kedua ruangan ini adalah peletakkannya di interior rumah. Ruang tamu umumnya berukuran paling luas dan terletak di bagian paling depan. Karena itu, di Indonesia ruangan ini juga disebut dengan ruang depan. Kadang-kadang ruang tamu dibuat satu ruangan bersama ruang makan.

Sementara itu, peletakan ruang keluarga lebih bebas, bisa di samping maupun belakang. Adanya pintu yang berhubungan langsung dengan area taman juga menjadi ciri khas ruangan ini. Seringkali pembangunan ruang keluarga disatukan dengan dapur.

2. Fungsi

Ruang tamu adalah ruangan yang bersifat publik. Di sini tempatnya kita menerima kunjungan tamu dan menjamunya dengan baik. Biasanya suasana yang mendominasi ruang ini terasa formal yang dibumbui kesan santai untuk mencairkan suasana.

Sedangkan, ruang keluarga adalah ruangan yang bersifat privasi. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di sini, mulai dari sekadar mengobrol, menonton TV, bermain game, hingga membuat kerajinan tangan. Bahkan beberapa anggota keluarga juga seringkali memanfaatkannya sebagai tempat belajar/bekerja dadakan. Maklum saja karena di ruangan ini suasananya memang sangat menyenangkan dengan rasa kekeluargaan yang begitu kental.

3. Desain

Pada umumnya, desain dan gaya ruang tamu lebih diperhatikan daripada fungsinya. Sebagai aksen, seringkali lukisan-lukisan dipakai untuk menghiasi dinding ruangan. TV juga kerap menjadi focal point, yang kemudian dilengkapi furniture berupa sofa dan coffe table .

Di sisi lain, fungsi ruang keluarga menjadi perhatian utama pendekorasian ruangan. Ruangan dipenuhi dengan benda-benda penuh kenangan seperti foto, koleksi pribadi, hingga mainan-mainan yang ditata cantik di rak gantung. Karena fungsinya yang serbaguna, banyak lemari penyimpanan dimasukkan agar ruangan tampak lebih rapi. Suasana santai yang tercipta dari aneka perangkat multimedia kian terasa dengan ditambahkannya bed sofa ke dalam ruangan.