Ruangan
Nov26

3 Langkah Sederhana Bikin Desain Teras Lebih Menarik

Bagaimana cara memperindah desain teras rumah? Fungsinya yang sedikit membuat teras seringkali kurang terjamah saat kita merenovasi rumah. Padahal, posisinya yang terletak di bagian paling depan akan berpengaruh besar terhadap suasana eksterior dan interior.

Sebenarnya mudah kok untuk membuat teras lebih mengesankan. Berikut langkah-langkahnya :

1. Semarakkan Teras dengan Tanaman

desain-teras-dengan-tanaman.jpg

Teras bisa diibaratkan sebagai ruangan penyambut. Layaknya manusia, ruangan ini harus dipoles agar bisa tampil lebih menarik. Ada berbagai cara untuk membuat efek mengejutkan pada teras. Salah satunya adalah menaruh pot-pot berisi tanaman hias.

Yap, sampai saat ini tanaman merupakan penyambut tamu paling kami rekomendasikan. Banyaknya jenis tanaman dengan berbagai karakteristik menjadi pertimbangannya. Selain memilih jenis tanaman yang tepat, anda juga sebaiknya menaruh tanaman tersebut di dalam pot cantik. Jangan lupa, besar kecilnya tanaman juga harus disesuaikan dengan luas teras. Rawatlah tanaman-tanaman ini secara rutin agar pesonanya tetap terjaga.

2. Perhatikan Komposisi Ruangan di Teras

komposisi-desain-teras.jpg

Meskipun kebanyakan teras hanya berfungsi sebagai ruang tunggu saja, anda tetap perlu memperhatikan komposisinya. Ruangan ini tetap harus bisa membuat pengunjung rumah merasa nyaman selama menunggu. Terlebih jika kita mengingat fungsi teras adalah sebagai jalur keluar-masuk, maka ruang gerak yang tersedia harus diperhatikan agar mempermudah aktifitas tersebut.

Selanjutnya, untuk menciptakan suasana teras yang tidak sesak, perhitungkanlah dengan cermat berapa porsi untuk ruang kosong dan ruang dekorasi. Kemudian, pastikan udara mampu bergerak bebas di teras ini. Yang lebih penting, pemasangan tiang rumah di teras harus diletakkan di sudut yang tepat. Tiang yang berada di tengah-tengah teras tentu akan membatasi kreatifitas anda dalam mengolah area ini.

3. Teras Bergaya Tropis

desain-teras-bergaya-tropis.jpg

Selain mudah dibuat, pesona gaya tropis sangat cocok untuk diterapkan pada hunian di Indonesia. Teras akan terasa segar sepanjang hari ketika anda menerapkan konsep ini.

Pada dasarnya, teras bergaya tropis dibuat dengan menyatukan teras dengan taman di sekitarnya. Anda bisa menciptakan hal ini dengan menambahkan hamparan batu sebagai pembatas teras dan taman. Selanjutnya, tanamlah tumbuh-tumbuhan khas pantai seperti pohon palem, pinang, dan kelapa. Tumbuh-tumbuhan berdaun hijau lebat juga nampak sempurna untuk suasana khas tropis.